Thursday, January 10, 2013

Gaya Busana 1960-an dalam Desain Busana Muslim [Bagian 1]


Gaya Busana 1960-an dalam Desain Busana Muslim - Uptodate adalah sebuah merek busana muslim siap pakai. Baru-baru ini, di Ballroom Hotel Mulia Senayan mereka memperagakan tren busana yang akan berkembang di tahun 2013 nanti. Peragaan busana tersebut  bertemaka Retrospection.  Retrospection sendiri   menginterpretasi unsur gaya 1950-1960-an  yang  tampil chic, santai, gaya dan juga tentu saja nyaman.

Pada era 1950-an  ikon mode banyak yang bermunculan. Lihat saja, Marilyn Monroe, Brigitte Bardot, Grace Kelly, Audry Hepburn, Jackie Onassis, Elvis Presley dan lain sebagainya. Pada waktu itu, label busana Dior  mendominasi dunia fashion dengan siluet princess line dan A-line yang  sangat melegenda.

Sedangkan pada pertengahan 1950-an, Coco Chanel memperkenalkan desain  busana yang tampil sederhana, rok lurus di bawah lutut berpadu jaket tanpa kerah dengan aksen garis berwarna emas.

Lalu pada 1960-an, dunia fashion mengalami perubahan drastis. Celana panjang mulai digandrungi. Sepanjang era itu, ikon mode yang terkenal Jackie Onassis, mantan first lady AS yang  mengusung gaya berbusana yang chic dan selera fashion yang tinggi.

Uptodate mengaplikasikan Retrospection terhadap busana yang diperagakan waktu Up2date pertama kali show pada tahun 2006 yang lalu. Peragaan busana kali ini dan peragaan busana di tahun 2006 yang lalu mengambil inspirasi yang sama. Yaitu mengambil inspirasi busana gaya 1950 sampai dengan 1960-an.

Interprestasi  busana pada 2006 itu ditampilkan kembali pada siluet busana masa kini yang tampil ringan, santai dan nyaman.  Uptodate pada 2006 merupakan brand  yang pertama memperkenalkan pemakaian bahan spandek untuk busana muslim.

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment