Thursday, January 10, 2013

Up2Date Memutar Tren Busana Muslim ke Masa Lalu [Bagian 1]


Up2Date Memutar Tren Busana Muslim ke Masa Lalu - Mengangkat tema “Retrospection”, rumah mode busana muslim Up2date mengajak para pecinta mode untuk bernostalgia dengan tren mode era 1950-1960an yang dipadukan dengan sentuhan gaya masa kini.

“Retrospection” menjadi gambaran dari koleksi retrospektif Up2date di periode pasca Perang Dunia II yang ditandai dengan kondisi finansial dunia yang semakin menggeliat.

Pola konsumtif diinterpretasikan lewat semakin banyaknya fashionista yang lahir dan mengekspresikan diri lewat gaya persona.


Di periode yang sama, juga mulai bermunculan ikon-ikon mode, seperti Marilyn Monroe, Audrey Hepburn, Jackie Onassis-Kennedy, dan Grace Kelly. Kehadiran para ikon mode mengawal jejak mode yang klasik namun tetap ‘timeless’.

Dalam peragaan busana yang diselenggarakan di Hotel Mulia, Jakarta, pada hari Selasa tanggal 8 Januari 2013, Up2date menghadirkan 60 set busana yang dibagi dalam empat sequence.

Ocean Motion, mengawali peragaan empat babak ini dengan jajaran gaya nautical yang populer di era 1950an. Motif geometris ala pelaut dengan siluet ringkas diberi sentuhan warna gurun pasir untuk menghilangkan kesan monoton. Blazer, celana panjang, blus, tunik, hingga jaket, diberi sentuhan aksen unik, seperti kerah yang berkelepak.

Country Retreat, menyusul sequence pertama dengan barisan busana ala pedesaan di era 1950an. Busana bermotik kotak-kotak dan floral dibalur dengan warna tanah.

Penggunaan jilbab dipermanis dengan aksen turban yang diikat seperti headband. Menggambarkan kehidupan para wanita pasca Perang Dunia II yang asyik dengan rutinitas berladang, berkebun, atau beternak.

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment