Friday, February 18, 2011

Busana Muslim dan Thawaf Sejak Zaman Nabi Adam (2)


Busana Muslim Bandung – Setelah malaikat melakukan Thawaf tanda memohon ampunan pada Allah SWT. Kemudian Allah Swt. berkata kepada mereka,

”Bangunlah oleh kalian di bumi sebuah rumah yang menjadi tempat kembali setiap makhluk-Ku yang Aku murka terhadapnya dan ia mengelilinginya (thawaf) sebagaimana kalian lakukan di ‘Arsy-Ku. Maka, Aku akan mengampuninya sebagaimana Aku telah mengampuni kalian.”

Lalu para malaikat itu pun membangun Ka’bah.

Selain itu, terdapat pula sebuah riwayat yang ditemukan dari referensi busana muslim bandung yang  menyebutkan :

Allah swt telah mengutus malaikat dan berkata kepada mereka,

”Bangunlah oleh kalian sebuah rumah seperti al-Bait al-Ma’mur.”

Para malaikat pun memenuhi perintah tersebut hingga kemudian Ia memerintahkan agar rumah itu dikelilingi sebagaimana al-Bait al-Ma’mur. Busana muslim bandung menemukan bahwa dalam riwayat ini dikisahkan kalau peristiwa tersebut terjadi sebelum penciptaan Adam as. Dan karena itu kota tersebut kemudian disebut dengan Ummul Qura, (ibu) tempat berasalnya negeri-negeri.

Pendapat yang meyakini bahwa Makkah dibangun pada masa Nabi Ibrahim as dan Ismail as umumnya mengacu pada firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 127,

“Dan ingatlah ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail seraya berdoa, ‘Ya Tuhan kami, terimalah daripada kami amalan kami, sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Oleh ahli tafsir yang meyakini Ka’bah telah dibangun jauh sebelum periode Ibrahim as, kata “yarfa’u” (meninggikan) dalam ayat tersebut dimaknai sebagai perbaikan atau pembangunan kembali.

No comments:

Post a Comment