Sunday, July 24, 2011

Sekilas mengenai Peran Desain dalam sebuah Produk Busana

Berbicara mengenai dunia Konveksi, pastilah tidak terlepas dari desain  yang merupakan salah satu elemen penting yang dapat  meningkatkan nilai jual dari produk yang kita pasarkan. Desain yang dimaksud disini dapat berupa desain model pakaian sebagai bentuk dasar dari produk konveksi yang kita produksi semisal desain model busana muslim, desain busana wanita, desain t-shirt, desain kemeja  dan lain-lain. Kemudian, agar produk yang kita  produksi memiliki daya jual yang tinggi maka pada tahap produksi berikutnya kita harus memikirkan desain pendukung dari produk yang akan kita pasarkan sehingga nantinya buyer/pembeli memiliki interest lebih terhadap produk yang kita pasarkan. Kita ambil
contoh apabila kita memproduksi busana muslim wanita. Produk busana muslim yang yang memiliki tampilan desain yang didukung dengan aksesoris tambahan akan memiliki daya jual lebih tinggi daripada produk busana muslim yang diproduksi seadanya. Yang dimaksud maksud dengan aksesoris tambahan dapat berupa hiasan bordir, payet atau bisa juga berupa dekorasi jahitan semisal variasi neci, bordir, semok jahitan dan masih banyak lagi aksesoris lainnya yang bisa ditambahkan untuk mendongkrak nilai jual produk yang kita pasarkan, jika kita berbicara mengenai desain busana muslim.
Selain desain yang berupa aksesoris atau variasi jahitan, desain grafis pun memiliki peran yang cukup penting bila kita ingin memasarkan produk semisal T-shirt, jumper, kemeja kaos, sweater  dan lain-lain.  Desain grafis di sini adalah bentuk tampilan desain yang berupa tulisan atau gambar yang ditambahkan ke dalam produk busana yang kita produksi sehingga terlihat lebih menarik, dan sekali lagi dapat menjadikan busana yang kita produksi memiliki daya jual yang tinggi sehingga konsumen lenih tertarik untuk membeli produk busana yang kita pasarkan. Dalam perkembangannya, ketika kita akan memproduksi sebuah produk busana yang berhubungan dengan desain grafis, maka tidak lepas dari  dunia persablonan yang mana untuk dapat menambahkan tampilan pendukung dari sebuah produk busana yang berupa gambar atau tulisan, maka dalam proses produksi, proses sablon menjadi salah satu kunci utama yang dapat berpengaruh dalam hasil akhir dari sebuah produk busana yang akan kita pasarkan. Mudah-mudahan dalam pembahasan selanjutnya, kita dapat membahas lebih jauh mengenai trend-trend  yang sedang marak di dalam dunia konveksi, baik trend dari dalam negeri maupun luar negeri yang berhubungannya dengan desain sebuah produk busana.

No comments:

Post a Comment