Wednesday, May 2, 2012

Bordir dan Sulam Busana Muslim

Bordir sulaman dekoratif atau dibuat di atas kain atau bahan lainnya dengan jarum jahit dan benang. Selain benang, bordir atau ornamen bordir untuk menggunakan bahan-bahan seperti besi tua, mutiara, manik-manik, bulu burung, dan payet.
Tradisional bordir di atas karpet Kazakhstan.
Di antara jenis tusukan yang umum dikenal dalam bordir tusuk rantai, jelujur pin, menjahit dan menjahit ujung lintas. Selain yang dijahit tangan, bordir dibuat dengan mesin jahit dan mesin bordir komputer jahit.

Kain dan benang yang digunakan untuk seni bordir bervariasi menurut tempat dan negara. Sejak ribuan tahun lalu, benang dari kain atau wol, linen, dan sutra telah digunakan untuk
membuat bordir. Selain dari benang wol, linen, dan sutra, bordir modern dengan menggunakan benang sulaman dari kapas atau rayon.

Bordir bordir pita yang menggunakan rekaman berbagai ukuran dan bahan untuk membuat motif bunga. Rekaman itu memberikan efek tiga dimensi karena ukuran pita yang lebih besar dari benang. Hasilnya juga bordir pita yang lebih dekoratif karena bahan pita yang lebih beragam.

Hasil akhir dari bordir dapat dibagi menjadi:
    -Sulam-rata: bordir datar dengan permukaan kain
    -Sulam-overlay (kerawang): hasil bordir dengan lubang, misalnya untuk taplak meja dan kebaya pinggiran kota
    -Sulam muncul: bordir membentuk gelombang pada permukaan kain sesuai dengan kurva gambar.

1. Jenis
Kruistik pada taplak meja dari Hungaria, pertengahan abad ke-20.
    Sulam bebas atau benang bordir
    di thread bordir, benang pada kain dijahit dengan pola kain tenun untuk diabaikan. Teknik ini digunakan dalam wol bordir bordir bordir tradisional seperti China dan Jepang.
    -Sulam menghitung jahitan
    Bordir dibuat saat menghitung jumlah jahitan dibuat. Bordir dilakukan pada kain seperti tenunan sejajar ke kanvas, kain aida, strimin kain, dan linen. Jenis bordir yang mencakup jumlah bordir stitch adalah kruistik, bordir Assisi, sulaman dan bekerja hitam.

No comments:

Post a Comment