Wednesday, May 2, 2012

Peluang Usaha E-commerce Busana Muslim

Akhir-akhir ini bisnis yang berbasis E-Commerce makin digandrungi oleh para pebisnis yang ingin lebih meningkatkan strategi market produk mereka. Salah satunya adalah bisnis online yang menjual jasa produk busana. Banyaknya situs-situs luar negeri  yang membuat strategi market dengan memanfaatkan peluang usaha di bidang konveksi dengan menyiasatinya melalui sayembara desain tampilan untuk produk busana banyak menginspirasi para pebisnis lokal yang bergerak dalam sektor usaha konveksi untuk meniru sistem yang digunakan sebagai daya tarik
dalam memasarkan produk mereka. Singkatnya, sayembara desain ini terbuka bagi siapa saja yang berminat untuk berpartisipasi dalam membuat desain kaos dengan tema yang telah ditentukan oleh website penyelenggara dengan iming-iming hadiah uang atau dapat juga berupa voucher untuk berbelanja gratis di website tersebut. Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi anda yang bergelut dalam bidang desain grafis untuk sekedar menambah uang saku bila desain anda ternyata terpilih lewat sayembara tersebut. Pada umumnya kontes desain yang diadakan menggunakan sistem voting di mana desain-desain yang telah dikirimkan oleh para kontestan akan ditampilkan pada website dan para pengunjung dimintai komentar ataupun mengisi vote untuk menilai seberapa pantas sebuah desain untuk dijadikan sebagai produk busana yang akan diproduksi.
Ada beberapa website lokal yang mengadaptasi sistem sayembara desain semacam ini. Contohnya distrokdri.com  ataupun gantibaju.com yang sudah lumayan memiliki massa bahkan memiliki forum khusus bagi para membernya. Keduanya rata-rata mengusung tema nasionalisme dalam membuat kontes desain yang nantinya akan dijadikan produk yang siap diapsarkan. Bila anda memiliki minat untuk membuat website berbasis e-commerce, tidak ada salahnya untuk mengadaptasi sistem kontes desain ini ke dalam produk yang akan anda pasarkan. Nilai plus dari adanya kontes desain ini adalah anda tidak perlu bersusah payah untuk memikirkan dan membuat desain produk anda sendiri. Selain itu, sistem seperti ini dapat juga menarik visitor yang berkunjung ke website anda. Namun, tentunya perlu pengaturan manajemen yang baik dalam menyelenggarakan kontes desain seperti ini. Pastikan anda memiliki teman atau bahkan memberi upah kepada seseorang yang berpengalaman dalam bidang IT dan web management agar sistem online marketing  yang anda rancang dapat berjalan sesuai rencana.
 

No comments:

Post a Comment