Wednesday, May 2, 2012

typhografi art busana muslim

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Typography Art, bagi anda yang merasa asing dengan istilah typography, berikut adalah definisi Typography yang didapat dari sumber Wikipedia. Tipografi atau dalam bahasa Inggris Typography (berasal dari kata bahasa Greek typos = bentuk dan graphein = menulis). Merupakan teknik dan seni mengatur huruf menggunakan gabungan bentuk huruf cetak, size font, ketebalan garis, garis pandu (line leading), jarak aksara, dan ruang huruf untuk menghasilkan hasil seni aturan huruf dalam bentuk fisik atau digital. Tujuan utama tipografi adalah mengatur teks (isi) dalam bentuk yang mudah dibaca dan menarik dipandang.

Dalam perkembangannnya, Tipografi tidak hanya terkait dengan masalah pengaturan huruf belaka, tapi dapat dianggap sebagai sebuah seni di dunia desain grafis. Para Desainer grafis terkadang memasukkan unsur seni tipografi ini kedalam proyek desain mereka demi untuk menambah kesan artisitik dari sebuah karya seni karena dibutuhkan proses yang cukup menyita waktu dan kreativitas untuk menghasilkan sebuah karya desain grafis berupa 'Typography Art'(seni tipografi). Seni tipografi ini banyak diaplikasikan ke dalam berbagai keperluan,baik sebagai sarana komunikasi visual maupun sebagai sebuah karya seni abstrak. Bila anda pernah melihat gambar berupa tulisan yang bertumpuk yang seakan-akan membentuk siluet Justin Bieber melalui iklan sebuah vendor kartu layanan komunikasi lokal, maka itu adalah salah satu contoh real dari sebuah karya seni tipografi. Desain grafis yang berupa permainan tipografi dapat berupa rangkaian huruf-huruf alfabet, baik berupa rangkaian huruf secara acak maupun membentuk sebuah kalimat yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah bentuk visual objek tertentu yang menyerupai siluet, atau dapat juga berupa perpaduan antara huruf dan objek yang dikombinasikan atau dibentuk sedemikian rupa dengan tujuan agar sebuah karya desain grafis sebagai media  komunikasi visual lebih mudah dicerna oleh khalayak umum. Berikut ini adalah contoh beberapa aplikasi 'Typography Art' yang digunakan dalam berbagai keperluan komunikasi visual.


Typography Art sebagai Desain T-shirt
Gambar di samping adalah salah satu hasil karya desain  saya sendiri yang menggunakan Typography Art yang digunakan sebagai desain untuk T-shirt bertuliskan backstabber. Bagi anda yang ingin bereksplorasi  dalam membuat desain tampilan T-shirt agar lebih menarik, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sebuah hasil karya desain berupa Typography Art sebagai salah satu pilihan untuk meningkatkan nilai jual produk busana anda, khususnya jika anda bergelut dalam sektor usaha berbasis Distro di mana produksi T-shirt menjadi andalan produk anda.



Typography Art sebagai Desain Logo

 Logo di samping merupakan hasil karya Typography art yang digunakan sebagai logo sebuah band rock dengan cerdik membentuk huruf  bison dengan mengidentifikasi dari bentuk siluet hewan bison itu sendiri sehingga menghasilkan sebuah karya desain yang simpel namun sarat dengan kreativitas.




Typography Art sebagai desain untuk keperluan advertise (periklanan)

Typography Art dapat menjadi salah satu alternatif dalam membuat sebuah desain terlihat kreatif sekaligus eye catchy. Gambar di samping adalah desain sebuah poster yang menonjolkan Rihana yang notabene seorang penyanyi luar negeri terkenal sebagai objek utama yang dibentuk sedemikian rupa dari sekumpulan abjad sehingga menimbulkan kesan siluet yang fantastis.







Sumber    : http://en.wikipedia.org
Edited by : iru







No comments:

Post a Comment