Friday, January 25, 2013

Menerima Makloon Jahit Topi [Bagian 2]


Menerima Makloon Jahit Topi - Sementara di Bekasi, jamaat gereja HKBP Filadelfia yang sedang beribadah dilempari kantung plastik berisi kotoran manusia oleh kelompok radikal yang menentang keberadaan gereja tersebut. Di Sampang, Madura, massa menyerang warga Syiah dan mengakibatkan korban tewas dan luka-luka. Rumah mereka dibakar dan dihancurkan oleh massa yang menyebut syiah sebagai ajaran “sesat“. Sepanjang tahun 2012 persekusi atas jemaah Ahmadiyah juga masih terus berlanjut.

Intoleransi juga terjadi melalui jalur hukum. Tahun 2012 jatuh lagi korban pasal Blasphemy atau penghinaan agama. Di Padang, Sumatera Barat, seorang pegawai negeri divonis dua tahun penjara. Alexander yang turut mengelola grup Facebook Ateis Minang, dianggap menghina Islam.

Pertengahan Mei 2012, tekanan kelompok konservatif dan garis keras memaksa polisi membatalkan ijin konser Lady Gaga di Jakarta. Mengutip Majelis Ulama Indonesia (MUI), polisi menyebut Lady Gaga tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia. Sepekan sebelumnya, Front Pembela Islam (FPI) mengancam akan membuat onar jika konser digelar.

Sebelumnya, pada awal Mei, acara diskusi dan peluncuran buku aktivis perempuan asal Kanada, Irshad Manji di Jakarta, dibubarkan polisi atas tekanan kelompok Islam radikal. Irshad Manji dikenal sebagai lesbian yang mempertahankan keyakinannya sebagai muslim dan banyak mengkritik konservatisme di dalam Islam.

Negara Sebagai Polisi Moral?

Tahun 2012 mencatat bagaimana Negara mencoba berperan sebagai polisi moral. Maret 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membentuk Satuan Tugas Anti Pornografi, yang terdiri dari belasan menteri.

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment