Monday, April 30, 2012

Aturan Busana Muslim Mengenai Kerudung



Busana Muslim Bandung -  Asal mula keberadaan busana muslim di Indonesia mungkin kurang dilirik karena model-model yang ditampilkan terlalu sederhana. Hal ini disebabkan karena model busana muslim di masa lalu tidak melibatkan para desainer di dalamnya.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan model busana muslim masa kini yang amat melibatkan desainer busana muslim dalam setiap pembuatannya.

Modernisasi zaman yang merujuk kepada budaya Amerika Serikat menyebabkan busana muslim kurang dilirik sebab banyak model busana asal Amerika Serikat yang bertolak belakang dengan busana muslim. Seandainya busana muslim cenderung tertutup dan melindungi aurat, maka busana asal amerika serikat cenderung terbuka, seksi dan mengumbar aurat.

Ini adalah penyesatan Yahudi melalui bidang mode. Padahal bila kita merujuk pada ajaran Islam, penggunaan busana muslim hukumnya adalah wajib. Laki-laki maupun perempuan wajib menutup seluruh bagian aurat-auratnya.

Salah satu bagian wajib dari busana seorang muslim perempuan adalah kerudung. Kerudung yang sesuai dengan syari’at akan memberikan banyak manfaat baik itu bagi si pamakai ataupun si penglihat.

Dengan menggunakan kerudung maka akan melindungi si wanita yang mengenakannya dari perbuatan senonoh, cabul dan tidak sopan. Adapun memakai kerudung memiliki beberapa aturan, salah satunya adalah Firman Allah berikut ini :

“Dan hendaklah mereka [perempuan beriman] menutupkan kain kerudung ke dadanya.”
(QS An-Nuur [24] : 31)

Dalam ayat ini Allah SWT menegaskan tata cara berkerudung yaitu dengan menutupi aurat hingga bagian dada. Tidak dengan apllikasi ikat seperti yang biasa dilakukan oleh Masyarakat Indonesia pada umumnya dewasa ini.

No comments:

Post a Comment