Friday, August 10, 2012

Berbagai Jenis Pilihan Gaya Busana Muslim [Bagian 2]


Berbagai Jenis Pilihan Gaya Busana Muslim - Bagi Sonny, gaya perempuan muslim berbusana sebaiknya tak perlu diatur. "Yang diatur akidahnya, bukan pakaiannya. Jadi, pakem busana muslim jangan memperlihatkan aturan yang tidak benar. Soal kerudung misalnya, perempuan berkerudung juga perlu disesuaikan dengan wajah. Harus ada inovasi, jangan sampai busana muslim justru membuat orang yang memakainya merasa tak nyaman," tutur Sonny menyatakan pendapatnya.

Konsep busana muslim padu padan dan menonjolkan gaya personal memang menjadi tren belakangan. Hal ini diakui dua perancang beda generasi. Zikin, perancang asal Yogyakarta mengaku pelanggannya menyukai konsep busana muslim padu padan, yang tak sekali pakai. Jenahara Nasution, desainer muda dan salah satu pendiri Hijabers Community juga mengakui, konsep padu padan masih menjadi tren terutama di kalangan muslimah muda.

"Busana muslim lebih kepada model two pieces, namun tetap longgar. Soal warna fleksibel, sesuai daerah. Beda daerah beda selera warnanya. Di luar Jawa, busana muslim terang mencolok lebih disukai, sementara di Jawa suka warna kalem seperti coklat, marun, kuning kunyit," jelasnya.

Selain model dan warna busana, pemilihan bahan busana muslim juga jadi pertimbangan. "Karena kita di negara tropis, pemilihan bahan baku penting. Yakni yang menyerap keringan seperti rayon atau katun untuk perempuan usia matang," ungkap pemilik label Zikin dan Kinanthi ini.

Pada kesempatan terpisah, Jenahara mengatakan, karakter personal lebih menonjol dalam pemilihan gaya busana muslim. …

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment