Wednesday, August 29, 2012

Rhett and Link T-Shirt War; Kreasi Animasi Stop Motion dengan Kaos sebagai media


Rhett and Link T-Shirt War; Kreasi Animasi Stop Motion dengan Kaos sebagai media. Beberapa waktu yang lalu, seorang teman saya menunjukkan sebuah video yang di upload di Youtube yang mana video tersebut merupakan sebuah animasi stop motion yang memang sendang naik pamor di kalangan pecinta dan kreator komunikasi visual yang berbasis indie. Sebuah stop motion movie yang bisa dibilang sangat kreatif di mana animasi yang ditampilkan adalah berasal dari beragam kaos yang didesain dengan alur gambar tertentu yang saling berkaitan yang diperaragakan oleh dua orang yang seakan-akan saling menjahili satu sama lain.


Adalah Rhett dan Link yakni dua orang sahabat yang berasal dari North Carolina, Amerika Serikat yang memiliki ide brilian untuk menciptakan sebuah animasi stop motion dengan mengunakan kaos sebagai media. Mereka terkenal karena video yang di upload di  internet dengan memproklamirkan diri sebagai "Internetainers." Selain kehadiran web mereka, Rhett dan Link juga musisi dan pembuat film, dan telah bekerja di sebuah stasiun televisi sebagai  pembawa acara. Mereka mengoperasikan sebuah perusahaan  video animasi, Rhett dan Link  Inc.

Video T-Shirt war ini dibuat dengan teknik animasi stop motion di mana untuk membuat sebuah  objek agar terlihat bergerak, maka beberapa gambar yang dibuat berkesinambungan digambar per frame/bagian untuk dimanipulasi sehingga memunculkan sebuah kesan bahwa gambar tersebut hidup. Tujuannya adalah gambar tersebut bergerak sedikit demi sedikit antara frame  secara individual pada foto yang telah di ambil dan diolah menggunakan beberapa software pengolah animasi  untuk menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame  tersebut dimainkan dalam urutan yang kontinu.







Waktu pengerjaan animasi unik ini memakan waktu hingga sebulan penuh dengan memanfaatkan 222 buah kaos dengan beragam warna yang disablon dengan gambar-gambar yang sengaja dibuat layaknya seperti dalam pengerjaan sebuah kartun animasi. Berkat animo  yang tinggi dari viewer video mereka di Youtube yang mencapai sekitar 9 juta viewer, maka mereka pun berinisiatif untuk menjual beberapa kaos original yang mereka gunakan dalam video tersebut secara limited edition bagi yang berminat untuk membelinya. Kreativitas dari dua orang in patut untuk diacungi jempol. Inovasi yang mereka lakukan secara tidak langsung dapat dijadikan contoh bagi kita semua bahwa ketika kita ingin berwirausaha dalam bidang apapun, yang terpenting adalah menunjukkan bahwa kita memiliki kapabilitas dalam hal tersebut tanpa terlalu memikirkan omset/income yang akan didapatkan hingga nantinya orang-orang di sekeliling kita akan tertarik untuk membeli produk yang kita pasarkan. Jika anda tertarik untuk melihat animasi stop motion T-shirt War ini silakan klik link berikut ini : Rhett adn Link's T-Shirt War

No comments:

Post a Comment