Thursday, August 16, 2012

Indonesia adalah Negara yang Kaya Dengan Pilihan Gaya Berjilbab [Bagian 3]



Indonesia adalah Negara yang Kaya Dengan Pilihan Gaya Berjilbab - Di Indonesia, kreasi ini lebih beragam dibandingkan dengan gaya berjilbab di negara lain, seperti yang dirangkum perancang busana muslim Dian Pelangi  dalam buku Hijab Street Style. Dalam buku yang memperlihatkan 700 foto gaya berjilbab dari 20 kota di Indonesia, serta dari Singapura, Malaysia, dan Thailand ini, Dian memotret secara langsung gaya berjilbab para pemakainya secara candid.

”Indonesia adalah negara dengan gaya berjilbab paling beragam. Di setiap kota, gayanya berbeda-beda. Di Jakarta, misalnya, pada umumnya mengenakan jilbab dengan warna-warna aman. Di Bandung banyak yang memilih warna pastel. Sedangkan di Sulawesi, para perempuan berjilbab senang mengenakan tabrak warna dan warna-warna shocking,” tutur Dian, yang mengumpulkan foto-foto tersebut dalam waktu setahun.

Dian pun membandingkan gaya ini dengan gaya berjilbab perempuan Malaysia yang pada umumnya mengenakan jilbab panjang hingga menutup dada dan biasanya dikenakan dengan baju kurung. Meski tak banyak variasi, para perempuan Malaysia cukup berani dalam memadukan warna, terutama dengan konsep tabrak warna.

”Di Singapura, gayanya lebih kasual dan kebarat-baratan. Mereka memadukan jilbab dengan celana jins dan blazer. Sementara muslimah di Thailand lebih menyukai warna hitam atau abu-abu polos,” kata Dian.

Tips berjilbab

Sebagai pengarah gaya, Reni menyebutkan dua tips penting yang perlu dipahami sebelum menentukan gaya berjilbab, yaitu mengenali bentuk wajah dan ciput yang menjadi dasar …

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment