Monday, August 13, 2012

Strategi Pasar Online yang Digunakan oleh Saqina.com [Bagian 4]


Strategi Pasar Online yang Digunakan oleh Saqina.com - "Jadi, jangan berpikir kami punya banyak uang untuk beriklan. Saya selalu ukur efektivitas iklan terhadap trafik dan transaksi. Kita putar uang itu untuk beriklan lagi. Begitu seterusnya," tegas Rosihan.

Menurut Rosihan, untuk urusan transaksi, beriklan di portal berita online jauh lebih efektif ketimbang beriklan di Facebook.  Hal ini dikarenakan portal berita online mewakili pembaca dengan status pendidikan dan sosial ekonomi yang diincar oleh Rosihan. Sementara jika beriklan di Facebook, kurang efektif terhadapa terjadinya transaksi, karena segmentasi yang dimiliki oleh Facebook sangat cair sekali. Rosihan, sebagai pengiklan di facebook, hanya bisa membatasi wilayah, jenis kelamin dan juga umur. Tapi pengiklan tidak bisa mengincar segmen pendidikan dan sosial ekonomi yang mereka inginkan.

Sehingga, beriklan melalui media Facebook lebih dimanfaatkan oleh Rosihan untuk keperluan branding agar Saqina.com diketahui oleh lebih banyak orang. Meskipun demikian, diakui Rosihan, beriklan di Facebook menghasilkan trafik sebesar 7 ribu sampai 8 ribu kunjungan setiap harinya, dan trafik tersebut merupakan yang tertinggi yang Rosihan dapatkan melalui iklan. Rosihan juga mengatakan bahwa trafik yang tinggi inilah yang turut mengangkat posisi Saqina.com dalam hasil pencarian di mesin pencari Google.

Namun, tentu saja, untuk meningkatkan posisi Saqina.com dalam mesin pencari Google, Rosihan tak bisa sepenuhnya bergantung pada iklan. Karena modal yang ia miliki cukup terbatas, dan suatu saat akan habis. …

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment