Thursday, August 16, 2012

Indonesia adalah Negara yang Kaya Dengan Pilihan Gaya Berjilbab [Bagian 1]



Indonesia adalah Negara yang Kaya Dengan Pilihan Gaya Berjilbab - Indonesia adalah negara dengan gaya berjilbab paling beragam. Setiap kota mempunyai gaya berjilbab berbeda-beda. Imajinasi pelaku dan pencinta mode muslim di negeri ini membuat model jilbab atau hijab tak kalah menarik dengan busananya.

Dalam balutan busana pengantin muslim, seorang model didandani mengenakan jilbab bernuansa warna perak sesuai dengan busananya. Setelah mengenakan ciput (bagian dalam jilbab) dari kain panjang yang dililit pas menutupi rambut, kerudung transparan berbahan tulle gemerlap disematkan pada bagian luar, lengkap dengan hiasan kepala (hairpiece) yang juga berfungsi sebagai penahan kerudung.

Gaya ini adalah salah satu desain perancang busana muslim Irna Mutiara untuk koleksi busana pengantin. Untuk jilbab gaya sehari-hari, Irna mengenakan jilbab dengan dalaman ciput dan bagian luar berupa pashmina yang pemakaiannya hanya dililit-lilit sederhana.

”Mengenalkan jilbab itu mudah. Kalau mau yang sederhana, tidak mau pakai peniti, cukup lilitkan pashmina atau selendang dari kaus sampai menutupi kepala dan leher. Lilitan di bagian leher membuat semakin modis karena terlihat seperti syal,” tutur Irna.

Irna juga berusaha memopulerkan kain tradisional untuk difungsikan sebagai jilbab, seperti yang terdapat dalam buku yang ditulisnya, Ethnic Pashmina for Hijabista. Kain-kain tradisional yang pada umumnya bermotif ini serasi dipadukan dengan pakaian polos (tak bermotif).

”Untuk warna, sekarang ini sedang musim konsep tabrak warna. Jadi, jangan takut mengenakan warna apa pun. …

Selanjutnya

No comments:

Post a Comment