Sunday, September 23, 2012

Tawaran Kerja Sama Makloon Jasa Jahit, Sablon dan Bordir untuk Pembuatan Modifikasi Kain Etnik [Bagian 3]


Tawaran Kerja Sama Makloon Jasa Jahit, Sablon dan  Bordir untuk Pembuatan Modifikasi Kain Etnik - Peserta yang paling mendominasi di luar Kaltim adalah Jawa Tengah. Peserta ada yang mengirim dua bahkan tiga motif. Di sinilah peran tim juri menentukan yang terbaik sehingga Samarinda memiliki batik yang bisa dibanggakan.

“Jadi bukan hanya sarung Samarinda yang tersohor,” jelas Faisal.

Karya terbaik akan mendapat piala wali kota Samarinda dan dana pembinaan Rp 15 juta. Sedangkan lima karya terbaik lainnya masing-masing mendapatkan piala dan dana Rp 2 juta.

“Hadiah Rp 15 juta sudah termasuk pembelian hak untuk diperbanyak,” kata Faisal. Pada saat HUT Samarinda, lanjutnya, motif khas ini sudah bisa diperagakan. Dipakai pejabat Pemkot dan anggota DPRD.

Untuk pembuatan pakaian, anggarannya sudah disetujui Wali Kota sebagai kepedulian terhadap kebudayaan. Selain pakaian khas Samarinda, ada pula tarian khas Samarinda yang saat ini sedang digali, lagu Mars Samarinda, dan display fashion batik Samarinda.

Tren pembelian fashion bermotif etnik memang sedang mendominasi pasar Indonesia dan bahkan dunia. Namun sekali lagi, hal ini seakan tidak berimbang dengan sedikitnya merek yang memproduksi fashion hasil modifikasi dari kain etnik. Oleh karena itulah Pakar Konveksi sebagai pihak yang menyediakan makloon jasa jahit, sablon dan bordir, mengajak para pengusaha untuk bekerjasama untuk membuat fashion hasilmodifikasi dari kain etnik. Adapun nantinya pakar konveksi akan bertindak sebagai pihak yang mengerjakan dan menerima makloon untuk jasa jahit, sablon dan bordir dari pemegang hak merek.

No comments:

Post a Comment