Tuesday, July 17, 2012

Akuisisi Valentino oleh Bangsawan Qatar [Bagian 1]



Akuisisi Valentino oleh Bangsawan Qatar - Sebuah perusahaan investasi milik bangsawan Watar telah resmi mengakuisisi Rumah Mode Valentino. Mayhoola for Investment terlihat resmi melakukannya di pergelaran Valentino di Pekan Mode Paris.

Ternyata, mengakuisisi rumah mode asal Italia yang kini sedang dalam kondisi krisis ekonomi sedang menjadi tren. Para Investor asal Asia dan juga Timur Tengah kini sedang beramai ramai mengakuisis rumah mode Italia. Hal ini terlihat saat peritel high-end China Trinity Ltd yang pada tahun 2010 lalu berhasil membeli Cerruti dengan harga USD70 juta.

Tahun berikutnya, peritel fesyen asal Dubai, yang bernama Paris Group sukses mengakuisisi rumah mode Gianfranco Ferre yang terancam bangkrut. Analis menilai,sektor premium merupakan celah menarik untuk dieksplorasi para investor baru dari Timur Tengah dan Asia yang berkantong tebal.Mereka tertarik pada status simbol yang disandang label label tersebut.Di luar itu, konsumen sektor premium di pasar Asia dan Timur Tengah memang terus berkembang. Hal itu jugalah yang terjadi dengan akuisisi rumah mode Valentino.

Secara tiba-tiba,rumah mode yang didirikan Valentino Garavani pada tahun 1959 itu dikabarkan berpindah tangan kepada pihak keluarga bangsawan Qatar. Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan Valentino,Kamis (12/7), Mayhoola for Investment, perusahaan investasi milik bangsawan Qatar, secara resmi telah mengakuisisi Valentino dari firma ekuitas privat asal Inggris, Permira.

Adapun sesuai permintaan sang invstor, pihak Valentino merahasiakan identitas si investor. Kendati demikian, sumber yang dekat dengan pihak Valentino mengatakan bahwa investor asal Qatar tersebut merupakan salah satu investor paling aktif di dunia. Sementara nilai akuisisi diperkirakan mencapai USD857,5 juta (Rp8,7 triliun) atau 31,5 kali lipat dari nilai laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) 2011. [bmb/ya]

No comments:

Post a Comment