Tuesday, July 17, 2012

Akuisisi Valentino oleh Bangsawan Qatar [Bagian 2]



Akuisisi Valentino oleh Bangsawan Qatar - Adapun sesuai permintaan sang invstor, pihak Valentino merahasiakan identitas si investor. Kendati demikian, sumber yang dekat dengan pihak Valentino mengatakan bahwa investor asal Qatar tersebut merupakan salah satu investor paling aktif di dunia. Sementara nilai akuisisi diperkirakan mencapai USD857,5 juta (Rp8,7 triliun) atau 31,5 kali lipat dari nilai laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) 2011. 

Jika dibandingkan, angka akuisisi tersebut jauh lebih tinggi dari harga pembelian label perhiasan eksklusif Bulgari oleh grup konglomerasi LVMH, yang bernilai 28,2 kali nilai EBITDA-nya. Adapun angka akuisisi Valentino oleh bangsawan Qatar tersebut juga melebihi angka akuisisi label-label mewah Eropa lainnya, yang rata-rata bernilai 10–11 kali nilai EBITDA.

Analis ekonomi memprediksikan Mayhoola, yang juga memiliki jaringan department store premium Harrods di London, tengah berusaha membangun portofolio konglomerasi mode eksklusif. Zeimba mengatakan,Valentino sesuai dengan misi Qatar yang kini tengah berkembang sebagai pusat destinasi wisata, bisnis, dan juga mode di Timur Tengah.

Akuisisi terhadap Valentino yang dilakukan oleh Investor Qatar tersebut, terbilang merupakan langkah yang tepat karena label tersebut ikonik, berkualitas, mapan, dan juga punya basis konsumen loyal di seluruh dunia. Adapun pembelian rumah mode Valentino oleh bangsawan Qatar, diduga dipengaruhi rayuan istri Raja Qatar, Sheikha Mozah, yang terkenal sangat menyukai gaun-gaun Valentino. Sang istri juga diketahui memiliki Qatar Luxury Group dengan saham tertanam di produsen produk kulit eksklusif Prancis,Le Tenneur & Cie. [bmb/ya]

No comments:

Post a Comment