Saturday, July 28, 2012

Strategi Jitu Google Halaman 1 Saqina.com [Bagian 3]



Strategi Jitu Google Halaman 1 Saqina.com - Jadi, Rosihan menekankan bahwa jangan sampai kita berpikir bahwa Saqina.com mempunyai banyak uang untuk beriklan. Rosihan selalu ukur efektivitas iklan terhadap trafik dan juga transaksi. Lalu Rosihan putar uang itu untuk beriklan lagi. Begitu pula seterusnya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Menurut Rosihan, beriklan di portal berita online lebih efektif ketimbang di Facebook.  Portal berita online mewakili pembaca dengan status pendidikan dan sosial ekonomi yang diincar. Sementara beriklan di Facebook, segmentasi yang dimiliki cair sekali. Rosihan hanya bisa membatasi wilayah, jenis kelamin dan umur. Tapi beliau tak bisa mengincar segmen pendidikan dan sosial ekonomi tertentu.

Beriklan di Facebook lebih dimanfaatkan untuk branding agar Saqina.com diketahui banyak orang. Meski demikian, diakui Rosihan, beriklan di Facebook menghasilkan trafik sebesar 7 ribu sampai 8 ribu kunjungan setiap harinya. Trafik inilah yang turut mengangkat posisi Saqina.com dalam hasil pencarian di Google.

Untuk meningkatkan posisi Saqina.com dalam mesin pencari Google, Rosihan tak bisa sepenuhnya bergantung pada iklan. Ia memutuskan untuk menjalani kursus optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO). Pada Bulan Ramadan 2011, posisi Saqina.com masih berada di halaman 2 ketika dicari dengan kata kunci "busana muslim" atau "baju muslim". Setelah mendapatkan ilmu yang dibutuhkannya, ia menjalankan sendiri strategi-strategi SEO. Butuh waktu 4 bulan untuk menempatkan Saqina.com di halaman pertama. [bmb/ya]


Selanjutnya

No comments:

Post a Comment