Wednesday, July 25, 2012

Proses Afdruk Screen Sablon [Bagian 3]


Proses Afdruk Screen Sablon - Langkah selanjutnya dalam melakukan proses afdruk screen untuk mensablon adalah sebagai berikut :

7. Siapkan screen yang telah ditempeli film dan posisikan di atas meja afdruk. Bagian luar screen yang ditempeli film harus menghadap ke atas kaca meja afdruk.

8. Lalu ambillahbusa dengan tebal sekitar 50cm, kemudian masukkan ke dalam screen. Pastikan ukuran panjang dan lebar busa telah disesuaikan dengan ukuran screen yang anda gunakan. Akan lebih baik jika anda menggunakan busa super yang lebih padat daripada busa jenis lainnya.

9. Setelah itu, ambillah triplek yang memiliki ukuran sesuai dengan screen. Letakkan triplek di atas busa.

10. Berikan triplek tersebut beban tambahan dengan meletakkan besi pemberat dengan beban sekitar 10 sampai 20kg.

11. Setelah diberi beban tersebut, kemudian kita nyalakan lampu neon atau lampu afdruknya dengan proses afdruk sekitar kurang lebih 6 menit.

12. Matikan lampu. Setelah itu satu per satu mulai dari besi beban, papan triplek dan juga busa, kita angkat dari screen. Jangan lupa juga untuk melepaskan film yang mereka di atas screen yang sudah diafdruk. Lalu basahkan screen secara merata di bagian dalam dan juga bagian luarnya.

13. Biarkan air membasahi screen selama 2-4menit. Selain berguna untuk menghilangkan sensitizer atau kalium proses ini berguna untuk memperjelas gambar yang barusan kita afdruk. Hilangnya senitizer dan juga kalium dari atas screen akan disertai dengan munculnya gambar yang barusan kita afdruk. [pk/ya]

No comments:

Post a Comment