Tuesday, July 24, 2012

Kreatifitas Tanpa Batas Siswa ESMOD [Bagian 3]


Kreatifitas Tanpa Batas Siswa ESMOD - Koleksi busana dengan kreativitas tinggi semestinya memang lahir dari desainer muda. Kreativitas inilah yang akan menjadi bekal di kemudian hari, ketika desainer muda dan pemula ini terjun ke dunia bisnis mode.

Mel menilai, kalau kreativitas sudah dibatasi dan minim apresiasi, desainer muda akan kesulitan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda ketika ia sudah dihadapkan pada kebutuhan pasar di bisnis sebenarnya.

Kalau kreativitas sudah dibatasi sejak masa sekolah, begitu nanti mereka terjun ke bisnis fashion yang sesungguhnya, takkan lahir busana yang inovatif ke depannya, dan kita akan tertinggal.

Koleksi yang ditampilkan tak lantas menjadi karakter baku sang desainer. Busana yang Mel ciptakan saat kelulusan, berbeda dengan label Mel Ahyar Couture dan second line Happa kreasinya. Ketika dihadapkan pada bisnis, kreativitas desainer yang tinggi juga perlu menyesuaikan diri dengan kondisi pasar. Namun bukan berarti kreativitas dikesampingkan. Justru kreativitas lah yang akan membuat si desainer menampilkan karya berbeda, namun tetap diterima pasar.

Justru kalau kreativitas siswa sudah sempit dari masa sekolah, ia takkan bertahan lama di bisnis fashion. Kita harus belajar untuk lebih terbuka melihat kreativitas. Karena jika tidak orang akan buta dengan fashion seperti buta dengan gedung kesenian misalnya. Suatu saat desainer muda ini yang akan menyelamatkan kita. Bukan tak mungkin mereka akan menyelamatkan negara dari utang dengan memproduksi baju yang laku dijual di pasar internasional. Semuanya ini bisa terjadi jika kita bisa lebih mengapresiasi kreativitas.

Secara terpisah, Patrice mengatakan masyarakat Indonesia pun semakin memahami fashion, dan pasar akan terus mencari koleksi busana berkualitas sesuai selera personal mereka. Dengan kata lain, koleksi busana yang dibuat dengan kreativitas tinggi pun punya peminat, lantaran semakin banyak orang melek mode dan menikmati ragam karya desainer yang menonjolkan karakter. [bmb/ya]

No comments:

Post a Comment