Saturday, July 28, 2012

Strategi Jitu Google Halaman 1 Saqina.com [Bagian 2]



Strategi Jitu Google Halaman 1 Saqina.com - Pada awal 2009, Rosihan mulai mengiklankan Saqina.com di majalah, Facebook, portal berita online, dan mesin pencari Google. Diakui Rosihan, beriklan di media online sangat besar pengaruhnya dalam membangun trafik kunjungan ke situs web Saqina.com. Namun Ia membantah ketika disebut mempunyai modal yang besar saat harus membangun situs Saqina.com. Modal yang dia pinjam dari bank hanya Rp.100 juta. Dan sebesar Rp.45 juta dia gunakan untuk mengiklankan situsnya tersebut.

Biaya beriklan memang tak bisa disebut murah. Karena itu, Rosihan memilih momentum dan media yang pas untuk mengiklankan Saqina.com. Selama bulan Ramadan 2009, ia menaruh iklan berukuran kecil di sebuah portal berita online, juga memasang iklan di Google AdWords. Kata kunci yang diiklankan di Google adalah "baju muslim" dan "busana muslim". Ia juga rajin beriklan di Facebook. Kala itu Facebook menaruh harga 50 dollar AS setiap harinya.

Prediksi momentum dan media yang dipilih Rosihan, ternyata sangat tepat. Trafik dan transaksi di Saqina.com meningkat pesat. Ia selalu mengukur efektivitas setiap iklan yang dipasang, bagaimana efeknya terhadap trafik dan tentu saja, transaksi. Trafik memang penting dalam bisnis e-commerce, namun harus ada transaksi agar modal yang telah dikeluarkan bisa diputar. Hasil transaksi itu digunakan untuk operasional dan diputar lagi untuk beriklan. Untungnya, biaya operasional toko online tak sebesar toko fisik. Bila toko fisik setidaknya harus mengeluarkan beberapa ratus ribu untuk sebuah toko kecil, toko online hanya membutuhkan beberapa puluh ribu saja untuk setiap bulannya. [bmb/ya]


Selanjutnya

No comments:

Post a Comment