Monday, July 30, 2012

Busana Muslim Tanah Abang Untuk Besar [Bagian 2]



Busana Muslim Tanah Abang Untuk Besar - Ramadan ini, penjualannya meningkat dua kali lipat dari hari biasa. Sebenarnya sudah mulai ramai sejak sebulan sebelum Ramadan, yang beli para pedagang. Nanti mereka jual lagi di daerahnya. Kalau sudah masuk Ramadan tinggal pembeli eceran.

Pada hari biasa, penjualan jilbab rata-rata 100 potong jilbab per hari. Pada bulan Ramadan bisa mencapai 200 potong per hari. Kalau mukena, hari biasanya laku sekitar 6 potong. Kalau sudah masuk Ramadan bisa laku 12 potong per hari. Kalau hari biasa, pendapatan Rp 1 juta-Rp 1,5juta. Sekarang masuk Ramadan kadang Rp 3 juta atau kalau nanti bisa sampai Rp 10 juta.

Selain dari daerah Jabodetabek, Pasar Tanah Abang juga banyak didatangi oleh pembeli dari daerah seperti Sumatera, Kalimantan, Papua, dan Sulawesi. Bahkan pembeli dari luar negeri seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, Hongkong, dan Arab juga ikut berburu keperluan Lebaran di Tanah Abang.Yang beli dari daerah-daerah juga ada seperti dari Sumatera, Papua, Banjarmasin, Makassar. Mereka belinya grosir. Ada yang sekali beli habisnya ratusan juta, salah satunya itu dari Makassar. Barangnya mau dijual lagi. Angka pembelian ini akan masih terus melinjak naik nanti di bulan Ramadan minggu kedua hingga minggu terakhir.

Walaupun sekarang penjualan sedang menurun sejenak, namuan bila menilik pengalaman tahun-tahun sebelumnya, industri pakaian akan rame lagi nanti di minggu kedua sampai minggu terakhir bulan puasa.  Meski ada peningkatan pembelian, para pedagang tetap tidak memberikan kenaikan harga. [bmb/ya]

No comments:

Post a Comment