Saturday, July 28, 2012

Strategi Jitu Google Halaman 1 Saqina.com [Bagian 7]

>

Strategi Jitu Google Halaman 1 Saqina.com - Rosihan kini sudah memutuskan untuk menutup empat toko fisik yang dinilai kurang potensial. Modal membangun toko fisik sekarang jauh lebih mahal, ia harus mengeluarkan uang antara Rp.40 juta sampai Rp.50 juta untuk mengontrak ruko di kabupaten ataupun kota. Sementara dari sisi pemasukan, toko online Saqina.com jauh lebih menguntungkan.

Seharusnya, keduanya baik toko fisik ataupun toko online, tidak boleh dibandingkan dari sisi kontribusi keuntungan, karena berbeda secara karakternya. Tapi Rosihan harus efisen terhadap modal. Rosihan juga mengatakan bahwa keberadaan toko fisik tetap dibutuhkan untuk membangun kepercayaan dari konsumen anda.

Rosihan berkisah, ketika masih memiliki delapan toko fisik, ia harus pandai-pandai membaca selera pasar di kota-kota tertentu. Di Jakarta, persediaan busana muslim Saqina didominasi oleh warna gelap dan adem. Sedangkan di Karawang dan Purwakarta, didominasi warna-warna terang. Inilah kecenderungan selera pasar, bahwa masyarakat di Karawang dan Purwakarta gemar memakai busana dengan warna terang.

Kehadiran toko online Saqina.com, dinilai Rosihan punya peluang pasar yang tidak terbatas. Kalau jualan online, Rosihan bisa stok pakaian dengan warna apa saja dan dengan model seperti apa saja. Pasti nanti akan ada saja yang beli.

Ia mensinyalir bahwa pelaku bisnis konveksi di daerah, mulai memanfaatkan internet untuk berjualan. Di masa mendatang, Rosihan memprediksi para pelaku konveksi di daerah secara intens mengirimkan produknya langsung ke pedagang atau pembeli, tak lagi melewati pusat grosir dan perdagangan namun melalui internet. Inilah the real internet potential. Internet memberikan peluang pasar yang unlimited dan jauh lebih luas daripada pasar fisik. [bmb/ya]

No comments:

Post a Comment