Saturday, July 28, 2012

Strategi Jitu Google Halaman 1 Saqina.com [Bagian 5]


Strategi Jitu Google Halaman 1 Saqina.com - Calon pembeli sering mengajukan pertanyaan tentang barang yang ingin dibeli.  Saqina.com yang memiliki 20 karyawan, menempatkan 4 karyawannya sebagai customer service. Sisanya bertugas di bagian pengadaan barang, kontrol kualitas, foto produk, pengodean, pemberian harga dan label, update situs web, inventoring, dan administrasi. Untuk urusan pengiriman barang, Saqina.com tidak memiliki kurir sendiri. Mereka mempercayakannya pada jasa pengiriman barang nasional.

Menurut Rosihan, kebanyakan pelaku bisnis e-commerce adalah mereka yang memiliki latar belakang teknologi informasi. Nah, terkadang mereka masih terpaku pada paradigma TI, yang terobsesi membuat situs webnya jadi sekeren mungkin, lengkap dengan sistem pembayaran yang canggih.

Padahal, kata Rosihan, pelaku seharusnya lebih fokus kepada bisnis dan mulai dari strategi pemasaran serta mengatur pasokan dan permintaan. Rosihan yang juga memiliki latar belakang IT yang kuat, menerapkan sistem tradisional untuk situs web. Sederhana dan simpel.

Sampai 2010, Saqina.com masih menggunakan domain open source yang bayarannya hanya Rp 20.000 per bulan. Barulah pada 2011, Saqina.com sudah menggunakan server sendiri. Tahun depan, rencananya ia baru akan menerapkan metode pembayaran dengan kartu kredi.

Selama ini Rosihan realistis melihat fakta bahwa orang Indonesia belum sepenuhnya percaya pada metode pembayaran dengan kartu kredit. Sejak 2008, kebanyakan pembeli di Saqina.com melakukan pembayaran dengan transfer dari ATM dan internet banking. Cara melacak transaksinya sangat mudah, yaitu dengan memberikan harga yang nominal akhirnya ganjil dan mengangdung kode khusus. [bmb/ya]


Selanjutnya

No comments:

Post a Comment