Thursday, June 28, 2012

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kecil (Bagian 1)



Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kecil (Bagian 1) Pernahkah anda para pengusaha konveksi mendatangi sebuah restoran kecil namun harus pulang dengan kekecewaan? Pastinya pernah, ada banyak alasan yang dapat menyebabkan anda merasa kecewa. Pengunjung yang sangat ramai, jumlah pelayan yang terlalu sedikit, waktu penyajian makanan yang lama atau menu yang tidak tersedia karena stok yang terbatas adalah berbagai macam alasan yang kerap muncul di benak anda saat mengunjungi sebuah restoran yang mengecewakan.

Kesan pertama yang buruk akan menyebabkan anda enggan untuk berkunjung ke tempat tersebut dalam kesempatan yang selanjutnya. Sebuah usaha baru yang banyak mengecewakan banyak pelanggan mereka tentu tidak akan bertahan lama. Kesuksesan ataupun kegagalan sebuah bisnis kecil yang masih baru sangat bergantung pada rekomendasi dari mulut ke mulut. Niat baik pengunjung mencoba restoran baru dapat hilang dalam beberapa hari saja setelah pembukaan restoran.

Untuk para pengusaha konveksi yang ingin memulai bisnis kecil lainnya, harus mempertimbangkan beberapa hal yang utama. Tony Featherstone seorang penulis dengan spesialisasi kewirausahaan dan bisnis kecil berbagi 9 tips sukses dalam membangun sebuah bisnis. Seperti yang dilansir dari Sydney Morning Herald (28/5/2012), berikut ini adalah ke 9 tips sukses bisnis kecil :

Siapkan sistem dan proses yang akan digunakan oleh usaha anda bahkan sebelum anda mulai membuka usaha Anda. Budget anda haruslah mempunyai aliran praktis. Jangan biarkan tamu anda yang sudah mengeluarkan uang hanya menjadi kelinci percobaan bagi bisnis Anda. Anda harus menentukan bagaimana kinerja bisnis anda semestinya berjalan. Jangan pernah anda mempunyai mental soft launching dan mencari cari alasan ataupun pembenaran diri karena Anda merupakan pelaku bisnis yang masih baru. Pengusaha baru yang percaya diri dan juga berenergi akan memberikan dampak yang positif bagi para tamu.

Bersambung

No comments:

Post a Comment