Saturday, June 23, 2012

Pengusaha Fesyen Tersukses Dalam Sejarah Manusia (Bagian 3)


Gap

Pengusaha Fesyen Tersukses Dalam Sejarah Manusia (Bagian 3) Presiden Direktur Banana Republic Jeanne Jackson mengatakan Banana Republic tumbuh sehat dan masih sanggup bersaing di tengah pasar fesyen international yang padat dan sesak. Ketika Fisher mengambil alih Banana Republic, dia mempekerjakan seorang ahli pemasaran yang bernama Millard Mickey Drexler untuk menduduki posisi sebagai Presiden dari perusahaan Gap. Fisher menilai Drexler memiliki karier yang sukses di dalam dunia fesyen. Misalnya saja ketika Drexler membawahi merek dagang Taylor Ann.

Pada tahun 1986, muncul ide yang mengatakan bahwa anak anak juga membutuhkan pakaian yang bergaya kasual dan juga nyaman. Namun pasar saat itu tetap membidik kalangan orang tua. Dari ide tersebut, di bawah kepemimpinan dari Drexler, Gap membuka sub perusahaan yang bernama Gapkids. Dan dua tahun berikutnya sejak ide itu muncul, kembali muncul lagi inovasi BabyGap sebagai bagian dari ekspansi yang dilakukan oleh Gapkids. BabyGap adalah mereka dagang fesyen yang menampilkan pakaian bayi dan juga pakaian anak lainnya.

Penjualan Gap memang terus meningkat. Saat di tahun 1983 mereka berhasil memperoleh penghasilan hingga 480 juta dollar AS. Meningkat secara drastis menjadi sekitar 2,5 miliar dollar AS pada tahun 1991. Namun menginjak tahun 90 an, penjualan Gap melamban lantaran pasar menganggap harga yang dimiliki Gap terlalu mahal untuk kemampuan mereka. Drexler pun mencari cara untuk menjual produknya dengan mengeluarkan diskon namun juga tetap tidak terkesan murahan.

Bersambung

No comments:

Post a Comment