Thursday, June 28, 2012

Pengertian Pakaian (Bagian 3)


Pengertian Pakaian (Bagian 3) Pakaian punya penggunaan khusus bagi kaum laki laki atau perempuan. Kaum laki laki tidak pantas mengenakan pakaian perempuan begitu pula sebaliknya, pakaian kaum laki laki tidak pantas bila digunakan oleh kaum perempuan. Namun ketidakpantasan ini terkadang berbeda antara satu kebudayaan dengan budaya yang lainnya, termasuk di dalamnya dalam hal gaya, warna dan jenis kain.

Dalam masyarakat Barat, rok, gaun dan sepatu hak tinggi biasanya dilihat sebagai pakaian perempuan, sementara dasi biasanya dilihat sebagai pakaian pria. Celana pernah dilihat sebagai pakaian khusus laki-laki, tetapi saat ini dikenakan oleh kedua jenis kelamin. Pakaian pria kadang-kadang lebih praktis daripada pakaian perempuan (yaitu, mereka dapat berfungsi dengan baik dalam berbagai macam situasi), tetapi pakaian wanita kadang-kadang lebih luas dalam hal model daripada pakaian pria. Pria biasanya diperbolehkan untuk bertelanjang dada dalam berbagai tempat umum, seperti di kolam berenang. Biasanya wanita diperbolehkan memakai pakaian pria. Namun sebaliknya, pria yang memakai pakaian wanita seringkali dianggap aneh.

Dalam beberapa budaya, hukum mengatur apa yang pria dan wanita diharuskan memakai. Agama Islam memerlukan perempuan untuk memakai bentuk-bentuk yang lebih sederhana dari pakaian, biasanya jilbab. Apa yang memenuhi syarat sebagai sederhana bervariasi dalam masyarakat yang berbeda, namun, wanita biasanya diperlukan untuk menutup tubuh mereka lebih banyak dari laki-laki. Anggaran pakaian dikenakan oleh wanita muslim untuk tujuan dari jangkauan kesederhanaan dari jilbab untuk burqa.

Bersambung

No comments:

Post a Comment