Tuesday, June 26, 2012

Usaha Jasa Bordir Yang Menguntungkan (Bagian 2)


Industri Pakaian Jadi

Usaha Jasa Bordir Yang Menguntungkan (Bagian 2) Harga yang dikenakan untuk jasa bordir juga bervariasi. Mulai dari yang termurah untuk ukuran 5 – 7 cm sebesar Rp.25.000, Rp.35.000 untuk ukuran 12 – 18 cm dan seharga Rp.70.000 untuk ukuran yang paling besar. Metric Bordir sendiri telah memiliki lima buah gerai, empat gerai milik Metric sendiri, dan satu gerai milik mitra. Metric menargetkan akan menambah hingga 10 gerai di akhir tahun ini.

Paket kemitraan yang ditawarkan Metric juga terdiri dari tiga jenis paket kerjama. Paket pertama adalah paker kerja sama putus. Paket ini membutuhkan investasi sebesar Rp.100 juta. Dalam paket ini, Metric akan memberikan sebuah mesin bordir beserta komputer dengan garansi mesin selama satu tahun. Selain itu, ada juga pelatihan untuk operator mesin selama dua hari. Paket ini cocok untuk mereka yang memiliki pasar namun tidak memiliki akses untuk mendapatkan peralatan.

Paket yang kedua adalah paket kerja sama kemitraan. Dalam paket ini, pihak frachisor dan mitra berinvetasi bersama dengan modal kolektif. Mitra cukup menyediakan modal sebesar Rp.100 juta dan 50 persen kebutuhan modal yang lain ditanggung oleh pihak pusat. Omzet yang didapatkan oleh kemitraan ini sebesar Rp.35 juta per bulan dengan laba bersih bulanan sebesar Rp.11,2 juta. Namun laba bersih yang didapatkan masih harus dibagi dengan pihak pusat dengan rincian 60 persen untuk pusat dan 40 persen untuk mitra. Hal ini dikarenakan seluruh operasional gerai akan dijalankan oleh pusat.

Bersambung

No comments:

Post a Comment