Tuesday, June 26, 2012

Tahun Ajaran Baru di Mata Konveksi (Bagian 1)


Seragam Sekolah

Tahun Ajaran Baru di Mata Konveksi (Bagian 1) Tahun ajaran baru sebentar lagi akan segera tiba. Periode waktu ini tidak hanya disambut dengan kebahagiaan para siswa. Namun juga kebahagiaan terpancara di mata para pengusaha konveksi.

Bila dibandingkan dengan bulan bulan lainnya, periode bulan Juni hingga dengan Agustus merupakan waktu panen order bagi para pengusaha konveksi. Hal ini juga dirasakan oleh Endah (56) salah satu pengusaha konveksi senior di Surabaya. Kini Endah diharuskan untuk mengirim pesanan seragam sekolahnya sebanyak dua kali dalam seminggu. Endah harus membungkus 900 potong seragam untuk setiap kali pengiriman. Menurut Endah, banjir order ini diperkirakan sebesar 100 persen bila dibandingkan dengan musim reguler.

Bila 15 orang karyawan yang dimiliki oleh Endah bekerja dengan maksimal, maka dalam sekali pengiriman, Endah dapat mengangkut hingga 2 ribu potong pakaian seragam sekolah. Jumlah tersebut meliputi enam puluh persen seragam SD dan masing masing dua puluh persen untuk seragam SMP dan SMA.

Endah yang menggaji karyawannya dengan perhitungan per potong baju mengaku bahwa kini penghasilan harian masing masing karyawannya meningkat hingga seratus persen. Bila biasanya mereka mengantongi sekitar delapan puluh ribu rupiah per hari, kini dapat mencapai hingga seratus enam puluh ribu rupiah per harinya.

Karyawan Endah memang dikenal sebagai seorang pekerja keras yang siap kerja lembur. Sejak bulan yang lalu, para karyawan Endah telah bekerja keras untuk memenuhi pesanan yang datang. Kesulitan yang dihadapi oleh para karyawannya adalah saat melakukan finishing, karena di tahap ini mereka membutuhkan waktu yang cukup lama dan dibutuhkan ketelitian.

Bersambung

No comments:

Post a Comment