Saturday, June 23, 2012

Pengusaha Fesyen Tersukses Dalam Sejarah Manusia (Bagian 4)


Gap Inc

Pengusaha Fesyen Tersukses Dalam Sejarah Manusia (Bagian 4) Drexler juga mencari cara bagaimana mengurangi produk yang tidak berhasil mereka jual. Dia membangun merek bernama Old Navy yang dipergunakan untuk menjual barang Gap yang tidak terjual dengan dilakukan penambahan beberapa aksesoris. Drexler mendapatkan inspirasi itu ketika dia sedang berjalan-jalan di Paris dan melihat tulisan Old Navy yang tertulis di tembok tembok bangunan di sana. Merek Old navy ditempatkan di mal kelas menengah ke bawah agar tidak bersaing dengan Gap yang ditempatkan di mal kelas atas.

Langkah Gap ternyata tidak berhenti di situ saja. Seperti dilansir kontan, ketika kinerja perusahaan ini kembali melorot di tahun 1997, Fisher melontarkan iklan lebih banyak untuk memperkuat citra fesyen wanita  dari Gap.

Meski Amerika Serikat masih dihantui  krisis keuangan, Gap Inc mencetak pertumbuhan kinerja. Bahkan sepanjang kuartal 1 tahun ini, Gap suskes mencetak kinerja terbaik di dalam bidangnya. Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, penjualan meningkat dibandingkan setahun sebelumnya menjadi 3,5 miliar dollar AS. Laba bersih sebesar 233 juta dollar AS atau relatif datar dengan pencapaian di periode yang sama pada tahun lalu.

Gap juga tercatat berhasil memperbaiki penjualan di kawasan Amerika Utara. Misalnya, penjualan merek Gap naik 5 persen dari tahun lalu, yang sebelumnya mengalami minus hingga 3 persen. Begitu juga merek Banana Republic dan Old Navy yang berhasil mencetak pertumbuhan dari yang sebelumnya negative.

Bersambung

No comments:

Post a Comment

Post a Comment