Thursday, June 28, 2012

Pengertian Pakaian (Bagian 4)


Busana MuslimBusana MuslimBusana Muslim

Busana MuslimBusana MuslimBusana Muslim
Pengertian Pakaian (Bagian 4) Pria kadang-kadang dapat memilih untuk memakai rok pria seperti togas atau kilt, terutama pada acara-acara seremonial. pakaian seperti itu (di masa sebelumnya) sering dipakai sebagai pakaian sehari-hari normal dengan laki-laki. Dibandingkan dengan pakaian pria, pakaian wanita cenderung menarik, sering dimaksudkan untuk memperlihatkan kepada laki-laki. Di negara-negara industri modern, perempuan lebih cenderung memakai rias wajah, perhiasan, dan pakaian berwarna-warni, sedangkan di sangat tradisional budaya perempuan dilindungi dari tatapan pria dengan pakaian sederhana.

Di sebagian masyarakat, pakaian dapat digunakan untuk menunjukkan peringkat atau status.Di Roma kuno, misalnya, hanya parasenator yang diizinkan untuk memakai pakaian yang dicelup dengan warna ungu Tyrian. Di Cina, sebelum pembentukan republik, hanyakaisar bisa memakai pakaian berwarna kuning. Dalam masyarakat tanpa hukum ini, yang mencakup sebagian besar masyarakat modern, status sosial bukan ditandai dengan pembelian barang langka atau mewah yang dibatasi oleh biaya kepada mereka dengan kekayaan atau status.

Pakaian Agama mungkin dianggap sebagai pakaian spesial. Pakaian agama terkadang dipakai hanya selama kinerja upacara keagamaan. Namun, juga dapat dipakai sehari-hari sebagai penanda status agama khusus.

Pada awalnya, manusia memanfaatkan kulit pepohonan dan kulit hewan sebagai bahan pakaian, kemudian memanfaatkan benang yang dipintal dari kapas, bulu domba serta sutera yang kemudian dijadikan kain sebagai bahan pakaian. Kini dikenal berbagai macam jenis jenis kain diantaranya:

Katun

Katun mori, bahan yang ditenun dengan sistem tenunan sederhana, biasanya digunakan dalam pembuatan kain batik dan sebagainya,
Katun karded, serat yang dirajut kurang halus dan penampilan bahan kurang rata,
Katun tetoron, perpaduan katun 35% dan polyester 65%,
Katun viskose, perpaduan katun 35% dan 45% viskose,

Bulu binatang

Kulit samak
Linen
Nilon
Polyester (Tetoron)
Rayon
Sutera
Spandeks
Wol

Adapun berbagai jenis pakaian yang kini umum beredar di antara manusia di seluruh dunia adalah :

Baju
Baju renang
Kemeja
T-shirt
Kaus
Kaus kaki/Tangan
Jubah
Jilbab
Celana
Celana renang
Syrwal (Celana setengah betis)
Topi
Dasi
Sarung
Rok
Sorjan
Sepatu
Sandal
Pakaian dalam
Beha
Pakaian adat

No comments:

Post a Comment