Thursday, June 28, 2012

Memulai Bisnis Tanpa Merogoh Saku (Bagian 1)


Bisnis  Konveksi

Memulai Bisnis Tanpa Merogoh Saku (Bagian 1) Memulai suatu bisnis adalah perkara gampang gampang susah. Merintis bisnis bukanlah hal yang sangat susah untuk dilakukan seperti yang dipikirkan banyak orang. Siapapun bisa melakukannya. Bahkan kita dapat merintis sebuah bisnis tanpa mengeluarkan uang dari saku kita barang sepeserpun. Justru daripada merintis, mempertahankan bisnis adalah sebuah hal yang sangat susah namun merupakan esensi penting dalam berbisnis. Banyak bisnis yang colapse lantaran persiapan yang kurang matang dan juga eksekusi yang tidak berjalan sempurna.

Ada sebuah pekerjaan rumah yang harus anda kerjakan sebelum mulai berbisnis. Pekerjaan rumah ini terdiri atas tiga buah pertanyaan.

1. Siapakah pelanggan anda?
2. Apakah yang dibutuhkan oleh pelanggan anda?
3. Apakah keunikan anda bila dibandingkan dengan kompetitor lain?

Bila anda sudah berhasil menjawab ketiga pertanyaan di atas, maka anda sudah siap untuk berbisnis.

Saat membuat atau menentukan produk yang akan anda buat, usahakan produk anda niche. Dengan begitu anda akan mendapatkan pasar dan pelanggan yang setia sehingga banyak investor yang bersedia untuk berinvestasi pada perusahaan anda. Saat anda sudah merasa sangat siap untuk berbisnis, namun anda tidak memiliki modal yang cukup, anda tidak perlu khawatir, berikut ini  dalam artikel artikel selanjutnya akan dibahas beberapa tips untuk memulai bisnis tanpa menguras isi kantong anda. Atau anda tidak perlu menjual aset apapun saat memulai bisnis anda.

Bersambung

No comments:

Post a Comment