Sunday, June 24, 2012

Pakaian Dari Bali Banyak Dibeli Amerika Serikat (Bagian 1)


Busana MuslimBusana MuslimBusana Muslim

Busana MuslimBusana MuslimBusana Muslim
Pakaian Dari Bali Banyak Dibeli Amerika Serikat (Bagian 1) Badan Pusat Statistik (BPS) Denpasar memberikan catatan baik bagi perkembangan ekonomi di Bali. Mereka mengeluarkan catatan jumlah konsumen asal luar negeri di Pulau Dewara. Dalam catatan mereka, pembeli asal Amerika Serikat merupakan pembeli terbanyak untuk komoditi pakaian di Bali selama bulan April 2012.

Pakaian jadi yang bukan berasal dari bahan rajutan memasuki pasar ekspor  hingga mencapai nilai 6,9 juta dolar AS selama bulan April 2012. Dari jumlah yang fantastis tersebut,  sebanyak 21,64 persen di antaranya dibeli oleh para konsumen asal Amerika Serikat.

Importir Inggris menjadi pembeli terbesar kedua setelah Amerika Serikat dengan besar sekitar 10,48 persen. Sedangkan pembeli terbanyak ketiga diduduki oleh Singapura dengan tingkat penjualan sekitar 8,34 persen dan sisanya berasal dari importir sejumlah negara di Eropa dan juga Asia.

Sementara barang barang rajutan yang laku diekspor selama bulan April 2012 mencapai nilai 2,1 juta dolar AS dengan nilai terbanyak dibeli oleh Singapura sekitar 19,31 persen menyusul Australia 17,36 persen dan Inggris 15,25 persen.

Kepala Seksi Ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali Putu Bagiada membenarkan pangsa pasar komoditas nonmigas Bali ke AS masih merupakan yang terbanyak di Indonesia.

Konsumen AS menyenangi pakaian yang ekslusif namun dengan harga yang terjangkau, dan para pengusaha di Bali mampu memenuhi permintaan tersebut dengan menciptakan desain terbaru yang dipadukan dengan budaya etnik lokal Bali.

Bersambung

No comments:

Post a Comment