Friday, June 29, 2012

Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Anda Untuk Berhemat (Bagian 2)


busana muslimbusana muslimbusana muslim

busana muslimbusana muslimbusana muslim
Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Anda Untuk Berhemat (Bagian 2) Bantulah anak anda dengan membuat anggaran. Caranya adalah dengan membuatkan mereka buku tabungan yang berisikan uang pemberian anda, hasil jerih payah mereka ataupun bekerja secara freelance. Anggaran bulanan akan membantu anak anda dalam mengatur sendiri pembelanjaan mereka.

Sesuatu yang tidak mungkin bagi anda untuk mendidik anak anda agar bertanggung jawab terhadap keuangan mereka, saat anda merupakan sosok yang boros serta gila belanja. Pada umumnya seorang anak akan selalu menjadikan orang tua mereka sebagai contoh dan panutan. Besar ataupun kecil, apa yang anda lakukan tentu akan sangat berpengaruh pada perilaku anak anda. Jadilah suri tauladan bagi anak anak anda dengan berhati hati dan bijaksana dalam mengeluarkan uang.

Hindarilah pengeluaran impulsif. Cegahlah hal tersebut dengan menetapkan rencana keuangan jangka panjang dan jangka pendek pada si anak. Ajarkan mereka untuk menolak pembelanjaan untuk hal hal yang tidak penting. Pastikan anak anda mematuhi rencana keuangan yang telah disusun bersama.

Bila anak anda begitu sulit untuk diatur dalam hal belanja. Berikanlah mereka batasan anggaran belanja yang anda berikan. Walaupun anda ingin memberikan anak anda kelonggaran dan kebebasan dalam mengambil keputusan, ada baiknya anda juga memberikan mereka batasan dalam dalam anggaran belanja mereka. Untuk kondisi ini, langkah yang anda lakukan adalah tepat.

Jadilah sosok yang hemat, dan ajarkan pula anak anda untuk berhemat. Dengan penghematan yang dilakukan seluruh anggota keluarga, maka anda dan keluarga akan mendapatkan titik cerah menuju masa depan yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment