Saturday, June 23, 2012

Pengusaha Fesyen Tersukses Dalam Sejarah Manusia (Bagian 5)


Gap

Pengusaha Fesyen Tersukses Dalam Sejarah Manusia (Bagian 5) Gap juga tercatat berhasil memperbaiki penjualan di kawasan Amerika Utara. Misalnya, penjualan merek Gap naik 5 persen dari tahun lalu, yang sebelumnya mengalami minus hingga 3 persen. Begitu juga merek Banana Republic dan Old Navy yang berhasil mencetak pertumbuhan dari yang sebelumnya negative.

Sementara itu, penjualan internasional masih negative 4 persen, namun membaik jika dibandingkan dengan tahun lalu yang masih minus sebesar 6 persen.

Perbaikan kinerja Gap tidak lepas dari tangan Doris Feiganbaum Fisher, pendiri dari Gap. Sepeninggal suaminya, Donald Fisher ditahun 2010 lantaran kanker, Doris yang kini berusia 80 tahun dibantu 3 putra mereka, Robert, William dan Yohannes. Memang benar jika sejak tahun 2004 yang lalu, kontrol atas Gap Inc telah dipindahtangan antara duet pasangan ini kepada ketiga putra mereka. Ditambah dengan harta warisan suaminya, Forbes menghitung aset Doris Fisher diperkirakan mencapai 2,3 miliar dollar AS setara dengan Rp 20,7 triliun jika kurs 1 dollar AS adalah Rp 9 ribu.

Saat ini Gap telah memiliki total 3.200 gerai. Pada tahun 2010 perusahaan ini telah memiliki 1.348 pabrik. Penempatan pabrik terbesar berada di Asia Tenggara dengan 383 buah pabrik. Sedangkan di pusatnya yaitu Amerika Serikat dan Kanada, Gap hanya memiliki 43 pabrik saja. Tak melulu menargetkan pertumbuhan, pasangan suami istri Fisher ini memiliki museum yang dibangun pada tahun 2007 di Presidio, San Fransisco. Museum ini menampilkan karya seni dari desain pakaian mulai dari celana, baju hingga aksesoris. Doris bilang bahwa mereka selama ini menyimpan karya pakaiannya di dalam gudang. Padahal, menurut dia itu adalah karya besar yang harus diperlihatkan kepada masyarakat banyak.

Bersambung

No comments:

Post a Comment