Thursday, June 28, 2012

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kecil (Bagian 3)



Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kecil (Bagian 3) Tidak ada yang lebih efektif daripada melampaui ekspektasi dari pengunjung di hari pertama kedatangan mereka. Bisnis cerdas selalu melakukan hal ini. Contohnya saja saat sebuah restoran memberikan tamunya makanan pembuka sebagai compliment dari chef. 


Ataupun toko busana yang menyediakan aksesoris gratis dalam setiap pembelian pada jumlah tertentu. Ini merupakan pelajaran penting bagi pelaku bisnis kecil pemula. Selalu cobalah untuk memikirkan bagaimana Anda bisa menyiapkan kejutan kecil yang tidak mahal namun mengesankan pengunjung perdana.


Memang mudah untuk berbicara, namun saat sebuah bisnis ingin memanjakan pelanggannya, harus dibuat secara tepat sejak awal pendiriannya.  Karena hal ini sangat berpengaruh pada penilaian klien pada bisnis tersebut, apakah sang klien akan memutuskan untuk kembali atau tidak ataukah dia akan merekomendasikannya pada orang lain atau biasa saja. Anggarkan dana anda untuk mempekerjakan staf secara ekstra di hari pembukaan perdana supaya tamu merasa terkesan dengan pelayanan yang terbaik, cepat dan juga tangkas. Segera pangkas staf ekstra tersebut jika ternyata pelayanan tersebut tidak terbukti berdampak efektif.

Lakukan skenario sederhana sebelum peluncuran yang akan memperkirakan jumlah aliran kas anda di hari hari perdana, lalu apakah yang akan anda lakukan jika ternyata jumlah yang dihasilkan 20 persen lebih tinggi ataupun lebih rendah daripada perkiraan skenario anda. Sehingga anda tidak akan bingung bila ternyata bisnis anda sukses di luar perkiraan anda ataupun bila bisnis anda ternyata tidak dapat memenuhi target skenario milik anda.

Bersambung

No comments:

Post a Comment