Saturday, June 23, 2012

Pengusaha Fesyen Tersukses Dalam Sejarah Manusia (Bagian 2)


Gap

Pengusaha Fesyen Tersukses Dalam Sejarah Manusia (Bagian 2) Langkah besar yang pertama kali dilakukan oleh perusahaan multinasional ini adalah ketika mereka memutuskan untuk menawarkan saham perdana mereka di bursa saham pada tahun 1976.Namun proses go public perusahaan ini tidak berjalan begitu mulus. Alasannya adalah lantaran bisnis Gap sangat tergantung pada produk jins Levi’s yang kerap mengalami fluktuatif harga.

Untuk meningkatkan penjualan pada awal tahun 1980an, pasangan Fisher menyiapkan strategi memperluas ukuran toko sampai 50 persen hingga sekitar 6.000 meter persegi dari sebelumnya hanya 4.000 meter persegi saja. Menurut mereka, toko yang lebih besar memungkinkan jumlah dagangan yang dijajakan semakin banyak. Saat itu, besarnya toko Gap mencapai tiga kali lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran toko fesyen pada umumnya.

Ketika berbelanja di salam Gap, pandangan pembeli adalah seakan masuk ke dalam kerayaan mini jins, dengan berbagai jenis dan model. Suami istri Fisher mengembangkan toko besar ini untuk 555 gerai yang mereka miliki.

Bukan hanya membesarkan Gap, Donald dan Dorris Fisher juga mengakuisisi merek yaitu Banana Republic di tahun 1983. Merek ini tanpa mengesampingkan gaya khas Gap, menyasar papan kelas atas. Fisher membangun rantai pemasaran Banana Republic di banyak kota kota besar seperti New York City, Chicago, Seattle serta beberapa outlet yang berada di mal mal papan atas Amerika Serikat.

Selama satu decade, Fisher dan manajemen telah merevitalisasi toko dan ragam pakaian milik Banana Republic dari citra safari yang resmi menjadi pakaian kasual untuk kelas atas. Banana Republic adalah merek dari produk pakaian kasual yang selain juga dipakai sebagai pakaian kantor namun dapat juga digunakan sebagai pakaian makan malam.

Bersambung

No comments:

Post a Comment