Friday, June 22, 2012

KOI Resmi Merilis Set Seragam Kontingen Indonesia Untuk Olimpiade 2012


Olimpiade London 2012

KOI Resmi Merilis Set Seragam Kontingen Indonesia Untuk Olimpiade 2012 Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akhirnya resmi merilis seragam yang akan dikenakan oleh serluruh kontingen Indonesia saat melakukan defile pada pembukaan Olimpiade 2012 nanti. Seluruh desain pakaian yang akan dikenakan oleh para atlet merupakan pakaian karya desainer lokal, Yani N Soemali.

Hal ini merupakan sebuah bentuk apresiasi dukungan yang diberikan para desainer Indonesia bagi para atlet Indonesia yang akan berjuang pada Olimpiade 2012.

Desain yang disiapkan juga berjumlah beberapa desain, ada yang dipakai untuk saat saat formal dan ada juga yang digunakan saat kita sedang bersantai. Pihak KONI juga berencana akan mencoba untuk mengkomersilkan model baju formal para atlet Indonesia. Harganya diperkirakan akan mencapai Rp1,5 juta sampai dengan Rp2 juta untuk setiap potongnya. Baju baju batik tersebut akan KONI jual di festival Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Untuk pakaian bertanding yang akan dikenakan oleh para kontingen asal Indonesia, KOI telah menggandeng League sebagai penyedia pakaian bertanding dengan nilai sponsor sebesar antara Rp1 Miliar sampai Rp2 Miliar.

KOI juga mengaku telah menyiapkan model beskap dan kebaya bagi seragam resmi kontingen putri Indonesia. Khusus untuk kebaya akan berbentuk kutubaru yang terinsipirasi dari pakaian keseharian pahlawan nasional, Raden Ajeng (RA) Kartini.  Kedua pakaian ini adalah salah satu jenis pakaian tradisional khas Indonesia. Diharapkan nanti, para atlet putri dapat berjuang dan menang di ajang Olimpiade dengan semangat juang yang dimiliki oleh Ibu Kartini.

Batik yang digunakan mempunyai motif Sekar Jagat. Pemilihan motif ini juga bukan tanpa alasan. Motif Sekar Jagat disesuaikan dengan harapan masyarakat Indonesia terhadap perjuangan para atlet di Olimpiade London 2012 nanti. Sekar sendiri berarti bunga dan jagat berarti dunia. Ini seperti harapan masyarakat Indonesia agar atlet Indonesia menjadi bunga-bunga Indah di ajang Olimpiade.

No comments:

Post a Comment