Wednesday, June 6, 2012

Standar Kualitas Garmen dan Konveksi di Bandung


Suasana Garmen / Konveksi
Suasana Garmen / Konveksi

Pakar Konveksi -  Konveksi skala besar yang biasa kita sebut dengan garmen di Indonesia mengalami geliat positif. Terbukti dengan kepercayaan yang diberikan oleh sejumlah merk dagang pakaian berskala Internasional pada pengusaha garmen lokal asal Bandung. Kualitas produk garmen dan mini garmen yang biasa disebut konveksi di kota Bandung ternyata cukup memuaskan bagi pasar global.

Ade Sudrajat sebagai ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia mengemukakan pengerjaan produk bermerek dagang multinasional telah berlangsung sejak tiga puluh tahun yang lalu. Bahkan sebagian besar produk asing tersebut dikerjakan di sejumlah garmen Indonesia terutama di kawasan Bandung dan sekitarnya.

Industri garmen di Bandung telah memegang kepercayaan merek Internasional tepatnya sejak tahun 1980 an. Dan kepercayaan tersebut berlangsung hingga kini. Industri garmen Bandung ternyata mampu mempertahankan kualitasnya dari tahun ke tahun, dari generasi ke generasi. Standar kualitas produk garmen Bandung sangat mampu untuk memenuhi standar yang diberikan oleh Eropa, Amerka dan juga Jepang.

Nilai ekonomi industri garmen tidaklah sedikit. Setiap tahunnya nilai ekspor industri garmen di Bandung mencapai angka tiga miliar dollar Amerika. Angka tersebut disumbangkan oleh produksi merek dagang yang memiliki nama di tingkat dunia.

Jepang ternyata merupakan negara tujuan ekspor garmen yang menjadi pintu masuk bagi konsumen dari negara lain. Karena untuk standar kualitas produk, Jepang memiliki standar kualitas produk garmen tertinggi di seluruh dunia. Sehingga bila sebuag garmen atau konveksi dapat melakukan ekspor ke negara tersebut, maka untuk mendapatkan standar negara lain adalah hal yang mudah.

No comments:

Post a Comment