Wednesday, June 6, 2012

The Magic of Typography Art sebagai Desain Kaos




Yeah,  The Magic of Typography Art. Mungkin beberapa dari anda bertanya-tanya dengan statement saya di atas ? Bagi anda yang masih awam dengan istilah Typography Art dapat membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya mengenai  topik tersebut. Namun kali ini saya ingin sedikit mengulas mengenai trend Typography Art pada desain kaos anak yang pada beberapa waktu yang lalu sempat menjadi sebuah trend setter bagi pelaku bisnis busana anak. Beberapa waktu yang lalu saya sempat berjalan-jalan ke daerah Cihampelas Bandung yang mana dikenal sebagai sentra usaha yang berhubungan dengan busana. Di sepanjang
jalan terlihat beberapa pedagang emperan yang menjajakan  kaos-kaos anak dengan berbagai desain typography/tulisan seperti  “aku sayang mama”, “ anak kesayangan papa”, dan lain-lain. Singkat cerita beberapa hari kemudian, partner kerja saya yang memang menggeluti bidang konveksi busana meminta saya untuk membuat desain serupa untuk busana anak. Dan ternyata desain-desain busana anak dengan tulisan-tulisan tersebut memang sedang marak di pasaran dan peminatnya pun memang tinggi, khususnya para orangtua sebagai konsumen. Melihat fenomena tersebut, saya sedikit tergugah untuk sekedar sharing mengenai hal tersebut.




Desain kaos bertema Typography hingga kini masih diminati dan hal ini pun tidak luput dari kejelian para desainer grafis, khususnya mereka yang bergelut dalam bidang desain kaos untuk mencari hal-hal baru yang dapat menaikkan rate penjualan produk mereka. Kembali pada topik semula  yaitu trend busana anak bertema Typography. Dalam pandangan saya, produsen kaos yang menggunakan tema typography pada busana anak cukup cerdik melihat kondisi peluang usaha dan terbukti menuai kesuksesan. Dengan harga produksi yang low budget karena biasanya desain kaos anak tersebut hanya berupa tulisan-tulisan dengan font simple tanpa ornament tambahan terbukti mampu menggaet konsumen yang kebanyakan adalah orangtua. Hal ini tidak lepas dari peran Typography/tulisan tersebut yang dapat lugas menyatakan sesuatu hal.  Berbeda dengan desain kaos yang berupa gambar ataupun symbol yang terkadang kita sulit untuk menangkap makna dari tampilan desain tersebut.  Desain Kaos dengan tema typography secara langsung dapat memberikan makna tertentu bagi penggunanya karena biasanya dapat berupa statement tentang suatu hal yang dapat bersifat provokatif,  sindiran /sarkasme, ataupun hanya berupa ungkapan lucu yang terkadang dapat menarik perhatian orang lain yang melihatnya. Mudah-mudahan apa yang dibahas kali ini dapat menjadi inspirasi bagi anda para pelaku bisnis konveksi untuk lebih peka melihat kondisi situasional di sekeliling dan dapat diwujudkan dalam desain kaos typography  yang tentunya dengan harapan bahwa produk busana anda dapat menggaet lebih banyak konsumen. Anda pun dapat melihat-melihat beberapa produk kaos kami yang bertema typography pada bagian produk dalam website ini. 

No comments:

Post a Comment