Sunday, June 10, 2012

Alasan Garmen dan Konveksi Bekerja Sama Dengan Merek Asing


Konveksi dan Garmen
Konveksi dan Garmen
Pakar Konveksi – Ketua Ikatan Ahli Tekstil Indonesia yang biasa disebut IKATSI cabang Jawa Barat, Taufik Rachman menjelaskan bahwa minat para pengusaha konveksi dan garmen asal Bandung dalam mengerjakan merek asal negeri orang dikarenakan jumlah pemesanan yang dilakukan oleh merek-merek kenamaan tersebut selalu dalam jumlah yang sangat besar.

Merek lokal di Indonesia sendiri sebenarnya sudah terus mengalami perkembangan dalam hal bisnis nya. Namun bila merek merek lokal tersebut dibandingkan kapasitas produksinya dengan merek Internasional, maka jumlah produksi merek Internasional akan jauh lebih besar dan banyak.

Namun dampak positif yang disebabkan oleh banyaknya garmen dan konveksi lokal menerima pesanan produksi dari merek dagang Internasional adalah kualitas hasil produksi yang meningkat. Selain itu hal terpenting dari nya adalah dengan meningkatnya perhatian Industri garmen pada karyawannya.

Selain menuntut industri konveksi dan garmen untuk meningkatkan kualitas produknya, merek luar negeri juga terkenal sangat memperhatikan gaji pegawai, upah lembur, kesehatan, keamanan dan juga hak hak dasar karyawan lainnya. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang berebut posisi untuk bekerja dalam Industri Garmen.

Menurut Taufik, Bandung telah berhasil mengikat kepercayaan dari Eropa, Amerika dan juga Jepang. Walaupun pada awalnya Jepang adalah negara pertama yang memberikan kepercayaan, namun kini permintaan terbesar justru datang dari merek dagang asal Amerika Serikat.

Oleh karenanya Pakar Konveksi berhak untuk tertawa jika melihat banyaknya orang Indonesia yang menggunakan merek luar negeri. Karena pada dasarnya kualitas yang dimiliki oleh merek luar negeri tersebut lebih kurang sama dengan merek yang dimiliki oleh merek merek lokal.

No comments:

Post a Comment