Thursday, June 7, 2012

Pesona Misteri Hijab Burqa



busana muslim burqa

Misteri Burqa - Pernahkah anda secara tidak sengaja melihat seorang wanita yang mengenakan pakaian yang hampir mirip seperti mukena yang menutupi seluruh tubuh dari ujung kepala hingga ke ujung kaki ? jika pernah, hal apa yang terbersit dalam benak anda ketika itu ? memang pengguna busana muslim hijab Burqa di Indonesia masih terbilang sangat jarang sekali. Tidak jarang akhwat yang menggunakan hijab semacam ini mendapatkan tatapan sinis dari orang- orang di sekeliling. Hal ini bukannya tidak beralasan. Maraknya pemberitaan tentang terorisme dan isu-isu adanya sekelompok aliran sesat yang mengatasnamakan Islam sebagai Agama menyebabkan pengguna hijab Burqa di Indonesia menjadi kaum yang selalu mendapat cibiran negatif dari kelompok sosial di masyarakat karena adanya anggapan bahwa pengguna hijab Burqa terkesan misterius dan menutup diri dari pergaulan sosial.


Sejarah penggunaan Burqa berasal dari kebiasaan wanita muslim di Afghanistan, Pakistan dan beberapa dearah di India utara. Hijab Burqa pada umumnya menutupi seluruh tubuh si pemakai dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Namun, pada area sekeliling mata biasanya terdapat renda berbentuk jaring yang membantu si penggunanya untuk melihat sekeliling. Ketika Rezim Taliban Berkuasa di Afghanistan, wanita muslim di sana diwajibkan untuk menggunakan hijab Burqa ketika akan keluar rumah atau ketika berada di tempat publik. Sebenarnya, dari segi fungsionalnya Hijab burqa membantu melindungi penggunanya dari debu dan panas terik yang mana kita ketahui di beberapa daerah asia memiliki iklim panas yang cukup terik. Selain itu, hijab Burqa berfungsi sebagai proteksi diri para wanita muslimah ketika pergolakan kekuasaan di Afghanistan masih berlangsung.


Penggunaan Hijab Burqa pun sempat menjadi kontroversi di kalangan Pakar Medis terkait adanya gejala-gejala yang dapat memicu beberapa penyakit bagi penggunanya. Karena penggunaannya yang menutupi hampir seluruh badan, maka terdapat kemungkinan si pengguna mengidap kekurangan vitamin  D yang didapat dari sinar matahari yang berkorelasi terhadap munculnya penyakit kanker kulit. Selain itu, ada kemungkinan juga si penggunanya menderita pening atau sakit kepala jika menggunakan hijab burqa ini dalam waktu yang lama. Hal ini terkait dengan keterbatasan penglihatan si pengguna. Mudah-mudahan ulasan di atas bisa membuka pikiran kita terhadap pengguna Hijab burqa yang selalu diidentikkan sebagai sosok yang introvert dan anti sosial karena pada dasarnya jenis apapun Hijab yang digunakan, dasar utama pemakaiannya adalah sebagai bentuk kepatuhan kepada sang- Khalik.

No comments:

Post a Comment