Tuesday, June 5, 2012

Referensi Konveksi Pakaian Seragam Sekolah


Konveksi Seragam Sekolah
Konveksi Seragam Sekolah

Pakar Konveksi - Muhammad Dalail adalah seorang pengusaha konveksi pakaian seragam sekolah asal Semarang. Seperti para pengusaha konveksi pakaian seragam sekolah lainnya. Masa-masa mendekati tahun ajaran baru seperti saat ini adalah waktu surga baginya. Dimana pada masa ini Dalail akan kebanjiran order.

Muhammad Dalail menjalankan usaha konveksi muliknya di Jalan Purwoyoso, Ngalian, Semarang. Mesin milik pria yang biasa dipanggil amat ini terus berbunyi seakan-akan tidak pernah berhenti bekerja. Amat dibantu oleh 12 orang karyawannya terus bekerja hingga menjelang pagi untuk menepati tenggat waktu bagi pesana konveksi miliknya.

Pada hari biasa, Amat hanya mengerjakan pesana tidak lebih dari sepuluh lusin per hari. Namun di waktu Surganya, Amat membutuhkan 200 potong celana serta 175 seragam baru setiap harinya. Untuk urusan bahan baku Amat mengaku  tidak mengalami kesulitan karena pasokan bahan baku dari pabrik tekstil di sekitarnya cenderung masih lancar.

Tantangan terbesar dari konveksi seragam sekolah milik Amat adalah minimnya tenaga penjahit yang terampil. Oleh karenanya sulit bagi Amat untuk melakukan regenerasi ataupun penambahan tenaga penjahit bagi konveksi miliknya.

Harga pakaian seragam yang dibuat oleh konveksi Amat juga cukup ber variasi. Untuk seragam sekolah dasar Amat menjual semahal-mahalnya 29 ribu rupiah, untuk kelas menengah pertama 35 ribu rupiah dan untuk sekolah menengah tingkat atas 40 ribu rupiah. Amat menjual seragam-seragam tersebut di toko miliknya, selain itu sebagian dari pesanannya dikirim ke Rembang, Kudus, Pati dan juga Purwokerto.

Kisah Amat tadi semoga dapat memeberikan referensi bagi para pengusaha konveksi baru yang berniat untuk terjun ke sub bidang pembuatan seragam sekolah.

No comments:

Post a Comment