Monday, June 18, 2012

Sekilas Mengenai Sablon Kaos dengan Aplikasi Discharge

Teknik screen printing/sablon  manual pada kaos diperkirakan muncul pada sekitar tahun 60-an. Sejak saat itu, banyak dikembangkan beragam aplikasi teknik sablon dengan eksplorasi efek dari tinta sablon. Salah satunya adalah teknik Discharge atau yang dikenal oleh para pengrajin sablon lokal dengan nama teknik cabut warna.  Teknik sablon discharge merupakan teknik sablon dengan mengunakan tinta khusus water base(tinta berbahan air) yang memiliki tingkat penyerapan yang tinggi pada kain yang sekaligus berfungsi untuk menghilangkan warna dasar dari bahan kaos dan menggantinya dengan warna sablonan yang mana hasil akhirnya adalah  berupa sablonan yang menyerap masuk ke dalam pori-pori kain sehingga terlihat menyatu dengan bahan kain. Berbeda dengan penggunaan tinta rubber atau GL di mana hasil akhir dari
sablonan akan terlihat kasar dan cenderung hanya menempel di permukaan luar dari bahan kaos. Selain itu, jika diraba akan terasa bahwa sablonan tersebut memiliki kerataan yang sama dengan bahan kaos. Aplikasi Teknik discharge ini akan lebih baik jika digunakan pada bahan kaos cotton 100% karena karakter dasar dari serat cotton adalah higroskopis/ menyerap air dengan baik. Sangat sulit untuk melakukan teknik discharge ini pada bahan kain dengan serat sintetis seperti bahan PE atau Hyget. Hal ini dikarenakan serat yang digunakan pada beberapa bahan kain sintetis berupa plastik yang menyebabkan tinta sulit meresap dan hasil akhirnya akan sama saja seperti sablonan dengan menggunakan sablon rubber. Selain itu, ada baiknya untuk memilih bahan kain yang gelap agar tampilan sablonan lebih terlihat realistis menyatu dengan bahan kaos.

kaos discharge
tampilan sablonan kaos discharge


Terlepas dari kualitas tampilan yang baik dari sablon discharge, teknik ini pun memiliki beberapa kelemahan juga seperti sulitnya untuk mendapatkan akurasi yang tepat ketika proses matching warna pada desain sablonan.  Selain itu cukup sulit untuk menyablon desain dengan tingkat detail yang tinggi dengan jumlah warna yang banyak. Sebaiknya konsultasikan juga mengenai hal ini dengan graphic desainer yang merancang desain sablonan  pada kaos sehingga nantinya didapatkan hasil akhir yang memuaskan. 

No comments:

Post a Comment