Monday, June 18, 2012

Busana Batik Kudus Dengan Custom Painting (Bagian 1)


Busana Muslim Bandung – Batik merupakan sebuah komoditi kebudayaan yang sangat populer di Indonesia dan bahkan di dunia. Batik memberikan nilai etnik yang kuat pada busana yang menggunakannya sebagai bahan dasar. Bahkan kini, batik sudah diakui dunia sebagai ciri khas dari kebudayaan Indonesia.


Batik di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas kain batiknya sendiri. Namun hingga saat ini, kain batik yang paling digemari dan paling populer di antara pecinta batik adalah batik batik yang berasal dari Solo, Yogya dan juga Cirebon.

Sedangkan batik batik yang berasal dari daerah lain kurang populer bahkan nyaris terlupakan. Salah satu batik yang nyaris terlupakan namun memiliki kualitas yang baik adalah batik yang berasal dari Kudus.
Sebuah acara fashion show dengan konsep menarik dan untuk diadakan di Hotel Shangri-La, Jakarta. Fashion Show ini diadakan untuk mengangkat citra batik kudus di mata para pecinta batik lokal dan international. Fashion Show ini menyuguhkan tema live painting yang unik dan berbeda.

Penggagas acara fashion show ini bekerja sama dengan banyak desainer dari banyak style dan ciri khas yang kuat agar batik kudus dapat digunakan oleh pecinta kain batik di banyak kesempatan. Diharapkan hal ini nantinya dapat menambah nilai guna dari batik kudus.

Keindahan batik kudus terlihat jelas pada pertujukan melukis batik di atas kain yang dilakukan oleh seorang desainer bernama Agnes Budhisurya. Lukisan yang diciptakannya mengangkat tema panen dan tembakau. Inspirasi lukisan ini berasal dari kehangatan sinar matahari yang menyinari area pesawahan siap panen. Pancaran sinar matahari di langit biru yang berawan menghasilkan kilau butir emas ketika menyentuh bulir bulir padi yang sudah siap panen terlihat jelas pada lukisan tersebut.

Bersambung

No comments:

Post a Comment