Wednesday, June 20, 2012

Tahun Ajaran Baru Yang Menyenangkan Bagi Konveksi Seragam (Bagian 1)


Konveksi Seragam Sekolah
Seragam Sekolah

Tahun Ajaran Baru Yang Menyenangkan Bagi Konveksi Seragam (Bagian 1) Tahun ajaran baru tidak lama lagi akan segera datang. Menjelang tahun ajaran baru ini, sejumlah perajin konveksi seragam sekolah di wilayah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah kebanjiran pesanan. Salah satu dari para pengusaha konveksi itu adalah yang dialami oleh para perajin di kompleks industri pakaian jadi Desa Tembok Lor, Kecamatan Adiwerna.

Permintaan seragam sekolah yang mereka terima meningkat hingga lima kali lipat apa bila dibandingkan dengan hari hari biasa. Mebludaknya pesanan membuat sejumlah perajin terpaksa lembur dan menambah jumlah karyawan yang bekerja.

Dukho adalah salah satu pemilik usaha konveksi di Desa Tembok Lor. Dukho mengatakan bahwa permintaan seragam sekolah mulai meningkat sejak awal Mei lalu. Dan permintaan terbesar berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat.

Apa bila pada hari hari biasa permintaan seragam sekolah hanya sekitar 10 kodi untuk setiap pekannya, namun saat ini pesanan mencapai 50 kodi per pekan. Selain seragam SD, SMP, dan SMA, Dukho juga memproduksi seragam pramuka untuk ketiga jenjang sekolah tersebut.

Pemasaran seragam sekolah sendiri dilakukan ke pasar di wilayah Cirebon, yaitu pasar Gebang, Mundu dan Celancang. Selain itu juga terdapat sejumlah pedagang pakaian yang sengaja datang untuk mengambil pakaian seragam produksinya.

Menurut Dukho, peningkatan permintaan seragam sekolah selalu terjadi menjelang tahun ajaran baru. Karena sudah terbiasa dengan hal ini, dia pun mempersiapkan produksi sejak lebih dari enam bulan yang lalu.

Bersambung

No comments:

Post a Comment