Monday, June 18, 2012

Bisnis Produk Konveksi Distro (Bagian 3)


Outlet Distro

Pakar Konveksi - Hardinansyah bilang, dalam mengelola distro, yang terpenting adalah fokus, tidak boleh sebagai sampingan. Ketika awal-awal booming distro, banyak yang menjalankan usaha ini sebagai kesenangan, sehingga pengelolaannya dilakukan secara sembarangan. Namun sekarang, karena banyak pemain, usaha ini harus dijalankan dengan serius dan bukan sekadar main-main.


Selain itu, Anda juga harus memiliki ketertarikan pada dunia anak muda. Sebab, dari merekalah Anda akan tahu tren apakah yang sedang berkembang saat ini. Usaha distro ini sangat mengandalkan kreativitas dan inovasi desain, serta keunggulan produk. Selain itu, karakteristik produk distro adalah eksklusivitas. Jadi, bila Anda sudah memiliki jiwa seni dan mau belajar berdagang, usaha ini sudah bisa dijalankan saat ini juga.
Soal produk yang dijual, Anda bisa mendapatkannya dari distro-distro besar. Sebab, sekarang cukup banyak distro besar yang bisa memasok barang. Mereka juga tidak akan pelit untuk berbagi informasi soal produk manakah yang diminati oleh pasar. Selain itu, pilihlah distro yang bisa memberikan layanan konsinyasi jika anda memiliki keterbatasan modal.

Bila Anda ingin membuka distro secara mandiri, nilai modalnya relatif, tidak terpatok pada persyaratan tertentu. Anda bebas initial fee ataupun opening fee, jadi modal bisa menyesuaikan isi kantong atau untuk penambahan belanja produk. Lahan yang Anda siapkan juga sesuai dengan kemampuan sewa, tidak terpatok pada ukuran tertentu. Asal lokasi strategis, pembeli akan datang dengan sendirinya.

Bila Anda baru memiliki uang Rp 200 juta pun, anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Biaya itu sudah termasuk biaya untuk renovasi dan juga belanja produk. Dengan modal itu, Anda bisa membuka usaha di lahan seluas 50 m2. Jumlah pegawainya pun bisa Anda sesuaikan dengan luas lokasi, misalnya hany dengan tiga orang saja. Dalam usaha ini, janganlah anda mengambil keuntungan besar-besar, maksimal cukup 35% saja.

Bersambung

No comments:

Post a Comment