Thursday, June 21, 2012

Budaya Peranakan Tiong Hoa Karya Trio APPMI (Bagian 4)


Busana MuslimBusana MuslimBusana Muslim

Busana MuslimBusana MuslimBusana Muslim
Budaya Peranakan Tiong Hoa Karya Trio APPMI (Bagian 4) Rudy Chandra banyak menampilkan koleksi baju dengan gaya cheongsam, cocktail dan juga evening dress dengan siluet yang mengikuti lekuk tubuh. Busananya juga banyak yang terdiri atas rok A-line, pencil skirt dan juga gaun panjang  yang memiliki siluet mermaid. Teknik lipit juga banyak diaplikasikan dalam koleksi cheongsam karya Rudy Chandra. Cheongsam tersebut ditampilkan dalam gaya yang lebih modern dengan tambahan bordir laser cut.


Rudy banyak menerapkan aplikasi rancangan berbentuk ornamen dengan menggunakan teknik bordir motif kerancang besar menggunakan laser cut. Di segmen terakhir ia menampilkan sebuah gaun pengantin yang terbuat dari kain songket. Gaun pengantin dari songket ini dipadukan dengan apik bersama sama aksesoris yang bergaya Betawi dan juga Tionghoa.

Material yang dipilih oleh Rudy Chandra antara lain jacquard, sutera sifon, sutera organza, batik lasem, brokat dan juga tafeta. Material itu menjadi kanvas dari warna cantik seperti warna warna merah tembaga, coklat keemasan, emas dan biru.

Walaupun memiliki sumber inspirasi yang sama dan juga tema yang serupa, namun trio desainer ini tetap memiliki ciri khas aplikasi busana kontemporer yang berbeda satu sama lainnya. Hal ini adalah sangat wajar terjadi, karena pada dasarnya kreatifitas setiap individu adalah berbeda beda. Keberanian mereka bertiga dalam menciptakan mode ala kreatifitas merekalah yang membuat mereka berbeda satu sama lainnya.
Dunia peragaan busana dan desain krida yang kreatif memang menarik untuk ditelusuri karena walaupun para desainer terinspirasi oleh karya yang sama, mereka belum tentu menghasilkan karya yang sama pula.

No comments:

Post a Comment