Friday, June 8, 2012

Jawa Barat Krisis Tenaga Ahli di Bidang Konveksi dan Garmen



Konveksi
Konveksi
Pakar Konveksi – Industri garmen berkembang semakin pesat di Indonesia terutama di Jawa Barat. Namun perkembangan industri konveksi dan garmen tidak lantas diikuti oleh pertambahan tenaga ahli siap pakai di bidang Garmen.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia atau API Jawa Barat Ade Sudrajat mengakui ada masalah serius yang perlu segera dibenahi untuk industri bidang garmen di Nusantara. Industri garmen di Jawa Barat sendiri kini sedang mengalami krisis dalam menemukan tenaga ahli siap pakai di bidang garmen.

Padahal, memasuki era globalisasi seperti sekarang ini, arena persaingan di bidang industri garmen menjadi semakin ketat. Namun kurangnya tenaga ahli yang profesional dan kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pekerja konveksi dan garmen di Jawa Barat menjadi kendala serius yang musti di hadapi oleh para pengusaha konveksi dan garmen Jawa Barat.

Seharusnya kini di Jawa Barat sudah terdapat pusat pelatihan pegawai untuk industri konveksi, tekstil dan juga garmen. Hal ini mengacu pada apa yang sudah dilakukan oleh Pemda Jawa Tengah dimana mereka telah berhasil mendirikan pusat pelatihan khusus di bidang industri konveksi dan juga garmen.

Permasalahan tenaga kerja ini adalah permasalahan pertama yang harus diselesaikan oleh pemerintah Jawa Barat. Setelah permasalahan ini berhasil dituntaskan, barulah pemerintah menuntaskan masalah lain yang berkaitan dengan masalah infrastruktur.

Harapan yang dikemukakan oleh Ade Sudrajat itu semoga akan segera terwujud agar para pelaku usaha konveksi dan juga garmen tidak lagi mengalami kesulitan dalam mencari tambahan tenaga kerja yang profesional, ahli dan juga terampil.

No comments:

Post a Comment