Monday, June 18, 2012

Kain Bahan Konveksi di Masa Depan (Bagian 2)


Kota Masa Depan

Pakar Konveksi - Bahan bahan konveksi terus melakukan perkembangan dalam berbagai penelitian yang dilakukan oleh produsen bahan baku kain. Di masa depan, kaos katun memiliki kemampuan dalam melakukan tugas ganda. Selain berguna untuk menjaga orang yang menggunakannya dari udara dingin dan juga panas, kaos katun pada saat yang sama bisa menjadi charger untuk ponsel Anda. Para insinyur dari University of South Carolina telah menemukan suatu cara agar katun yang kita kenakan dapat menyimpan energi yang fleksibel untuk berbagai alat elektronik.


Ternyata, alat yang disebut super capasitor ini, bisa merespon jauh lebih cepat dari pada baterai biasa. Kinerja perangkat yang telah mereka temukan setara dengan super capasitor berbahan karbon yang lain. Setelah 1.000 kali siklus, retensinya sebesar 97,3 persen.

Proses ini adalah proses yang murah dan sangat sederhana dan tentu saja ramah lingkungan. Selain mencoba untuk memulai membuatnya dengan bahan nabati terbarukan, pembuatan dengan katun untuk penyimpan energi lebih murah 10 kali lipat bila dibandingkan dengan memakai karbon kimia dari bahan batu bara ataupun minyak bumi.

Serba praktis, itulah yang ingin diwujudkan oleh para peneliti asalh South Carolina tersebut. Mereka ingin menciptakan kepraktisan dengan membuat banyak benda yang memiliki fungsi ganda. Kita biasa menyebut benda benda dengan multi fungsi ini dengan sebutan sebagai gadget.

Ini juga yang menjadikan margin keuntungan berbagai gadget elektronik menjadi sangat tinggi. Karena mereka memiliki beberapa fungsi sekaligus. Aplikasi ini juga dapat menaikkan harga jual dari produk produk konveksi. Dengan menyisipkan fungsi lain dari pada pakaian, maka sebuah produk konveksi menjadi memiliki harga jual yang berkali lipat lebih tinggi dari pada harga pakaian pada umumnya.

No comments:

Post a Comment